Pelantikan Dua Wakil Ketua DPRD Riau Januari

id pelantikan dua, wakil ketua, dprd riau januari

Pelantikan Dua Wakil Ketua DPRD Riau Januari

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pelantikan dua Wakil Ketua DPRD Riau yakni Manahara Manurung dari PDIP dan Noviwaldy Jusman dari Partai Demokrat dijadwalkan pada 6 Januari 2015.

Pelntikan tersebut sebelumnya dijadwalkan pada Senin (22/12), namun batal karena SK Mendagri untuk itu belum diterima.

"SK itu sudah keluar tapi belum sampai. Jadi kita akan jadwalkan lagi tanggal 6 Januari untuk persidangan pelantikan itu. Kendalanya hanya administrasi," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Sunaryo di Pekanbaru, Senin.

Dia menjelaskan bahwa jika SK belum sampai tentu DPRD tidak berani melakukan saja pelantikan itu. Sementara mulai besok, Selasa, sudah masuk penutupan masa sidang sehingga dijadwalkan setelah sidang dibuka kembali Januari.

Sementara itu, Noviwaldy Jusman ketika ditanyakan tanggapannya mengenai penundaan pelantikan mengatakan tidak terlalu mempermasalahkannya. Menurut dia, hal itu tidak perlu dilakukan secara terburu-buru.

"Apalagi kalau dijadwalkan hari ini ketua pengadilan juga berhalangan," katanya.

Dalam prosesnya dua nama yang akan dilantik itu sebelumnya sudah diumumkan sebagai Wakil Ketua DPRD Riau dan hanya tinggal menunggu pelantikan saja.

DPRD Riau saat ini hanya memiliki dua pimpinan definitif dari empat jatah kursi yang telah ditentukan berdasarkan komposisi 65 anggota.

Dua kursi yang telah terisi itu adalah ketua Suparman dari Fraksi Golkar dan Sunaryo dari Fraksi PAN. Keduanya dilantik pada 13 Oktober 2014. Pada saat itu usulan nama dari PDIP berubah dari Makmun Solichin menjadi Manahara Manurung.

Akibatnya, harus dilakukan paripurna ulang sehingga waktu pelantikan untuk PDIP tertunda. Sementara nama dari Fraksi Demokrat pada saat itu belum ada hingga akhirnya diumumkan nama Noviwaldy Jusman pada 14 November.