Empat Kapal Ro-Ro Siap Angkut Lonjakan Penumpang

id empat kapal, ro-ro siap, angkut lonjakan penumpang

Empat Kapal Ro-Ro Siap Angkut Lonjakan Penumpang

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Empat unit kapal penyeberangan roll on roll off yang melayani rute Pulau Bengkalis dan Pakning, Pulau Sumatera, siap mengangkut lonjakan penumpang menjelang libur Tahun Baru 2015.

"Biasanya kami hanya menyediakan tiga unit kapal dan terdapat 11 trip dalam sehari, namun untuk saat ini kami sudah menyiapkan empat kapal dan menambah jumlah trip menjadi 14 trip. Mudah mudahan hal tersebut bisa mengurai tumpukan penumpang di pelabuhan," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Bengkalis Jaafar Arif kepada Antara melalui sambungan telepon di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan penumpukan jumlah penumpang memang sering terjadi dan tidak hanya terjadi pada hari hari besar. Hal ini disebabkan karena antusiasme masyarakat yang tinggi tidak dibarengi dengan keberadaan infrastruktur yang memadai.

Saat ini, kata dia, hanya terdapat satu unit dermaga yang melayani rute Ro-Ro Pulau Bengkalis dan Pakning.

"Walaupun kapal yang tersedia cukup banyak namun jika dermaga hanya satu tidak akan berarti banyak. Hal tersebut dikarenakan setiap kapal harus antri guna bersandar. Saat ini pembangunan mencapai 65 persen dan tahun depan kami upayakan bisa digunakan," katanya.

Hingga Sabtu (27/12), Jaafar mengatakan lonjakan penumpang sudah mulai terlihat, untuk itu pihaknya telah menambah jam operasional kapal, yang biasanya sampai jam 23.00 WIB, ditambah hingga jam 01.00 WIB.

Lebih lanjut ia mengatakan sebenarnya jumlah kapal Ro-Ro sudah cukup, terdapat lima unit kapal yang keseluruhannya merupakan kapal yang dikelola oleh swasta.

Sementara itu, ia juga mengatakan jika keberadaan dermaga Ro-Ro yang sedang dibangun saat ini telah rampung, maka pihaknya akan menambah jumlah Ro-Ro menjadi enam hingga tujuh Ro-RO pada tahun 2015 mendatang.

"Tahun depan kami usahakan menambah kapal hingga jumlahnya mencapai enam hingga tujuh kapal sehingga nantinya pelayanan bisa lebih maksimal," katanya. (KR-AZK)