Aktivitas Pelabuhan Sungai Duku Meningkat

id aktivitas pelabuhan, sungai duku meningkat

Aktivitas Pelabuhan Sungai Duku Meningkat

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Aktivitas penumpang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru meningkat bersamaan dengan datangnya hari libur Natal dan Tahun baru 2015, bahkan peningkatan jumlah penumpang mencapai 40 persen jika dibandingkan dengan hari biasa.

"Peningkatan jumlah penumpang telah terlihat sejak 24 Desember lalu, saat itu jumlah penumpang melonjak mencapai 1.131 orang per hari, sementara itu hingga hari ini jumlah penumpang meningkat lebih dari 1.600 penumpang perhari. Jika dibandingkan dengan hari biasa peningkatan ini mencapai 30 hingga 40 persen dari biasanya hanya 700 hingga 800 penumpang," kata Kepala UPTD Dishub Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, Joniansyah di Pekanbaru, Sabtu.

Ia mengatakan, Pelabuhan Sungai Duku saat ini melayani beberapa tujuan Kabupaten Kota di Riau, diantaranya Siak, Bengkalis dan Meranti dengan jumlah kapal sebanyak 12 kapal jenis "Speedboat".

"Tujuan yang paling banyak dikunjungi adalah Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Siak kemudian Kota Bengkalis," katanya.

Joniansyah mengatakan, walaupun saat ini peningkatan jumlah penumpang mencapai 40 persen, namun pihaknya mengatakan tidak ada penambahan jumlah kapal.

"Saat ini saya kira jumlah kapal masih mencukupi dan tidak perlu ada penambahan," katanya.

Sementara itu, terkait dengan adanya ancaman gelombang tinggi yang terjadi di sejumlah perairan di Riau, ia mengatakan hal tersebut tidak berpengaruh, karena kapal kapal tersebut melewati sungai dan tidak melewati jalur laut lepas, sehingga sejauh ini belum terlalu berpengaruh.

"Sejauh ini tidak ada pengaruhnya gelombang tinggi, namun kita tetap mewaspadainya," ujarnya.

Salah seorang calon penumpang tujuan Bengkalis, Diki mengatakan, dirinya tidak kesulitan mencari tiket karena hingga saat ini masih tersedia. Menurutnya walaupun menggunakan kapal lebih mahal, akan tetapi waktu tempuhnya lebih cepat dan lebih nyaman.

"Saat ini harga tiket mencapai Rp225 ribu, tetapi untuk alasan kenyamanan dan efesien saya lebih memilih menggunakan kapal," ujar Diki.