Ini Dia Desainer Di Balik Kesuksesan Best National Costume

id ini dia, desainer di, balik kesuksesan, best national costume

Ini Dia Desainer Di Balik Kesuksesan Best National Costume

Jakarta, (Antarariau.com) - Dua perempuan cantik, Miss Earth Indonesia 2014 Annisa Ananda Nusyirwan dan Miss Intercontinental 2014 Ilona Cecilia Budiman, berhasil memenangkan penghargaan bergengsi di ajang internasional yang berbeda. Annisa menyabet predikat Best National Costume 2014 di ajang Miss Earth International 2014, sementara Ilona bertengger di Top 5 Best National Costume di acara Miss Intercontinental 2014.

Gaun yang didesain sarat dengan makna budaya Indonesia tersebut merupakan hasil tangan dingin Eko Tjandra, desainer berbakat asal Bojonegoro. Pria muda ini mengaku sempat tak percaya karyanya mampu menyabet dua penghargaan bergengsi tersebut. "Saya sempat gemetar dan bengong sewaktu dikasih tahu menang," kata pria murah senyum ini.

Wajar, mengingat di titik awal kariernya saat merantau ke Jakarta sekitar 9 tahun lalu, awalnya Eko berhasrat menjadi penabuh drum. Namun, kecintaannya akan dunia fesyen membuat lima tahun terakhir dipusatkan Eko untuk mendalami karirnya sebagai desainer.

Juri ajang internasional tersebut dibuat terpukau, salah satunya dengan kostum The Legend of Rara Jonggrang. Gaun mewah ini diberi aksesori cantik berupa replika candi yang diletakkan di kedua telapak tangan dan bahu. Tak ketinggalan, mahkota bak candi juga memperelok tampilan Ilona.

Tak kalah juga dengan The Glory of Sparkling Minang yang dikenakan Annisa. Hiasan jam gadang serta suntiang solok yang diletakkan di atas kepala sebagai mahkota menambah elegan gaun mewah yang berjuntai dengan dominasi warna kuning emas dan oranye.

Dikerjakan hanya dalam waktu seminggu, Eko mengaku kedua karyanya tersebut menelan biaya hampir seratus juta rupiah. Namun, angka tersebut tak fantastis mengingat material khusus yang dipilihnya. "Saya coba menggunakan bahan yang jarang dieskpos seperti tenun solok untuk mengangkat budaya Indonesia," tutupnya.