Gunakan Tangan Saat Makan? Cek Dulu Hal Ini

id gunakan tangan, saat makan, cek dulu, hal ini

Gunakan Tangan Saat Makan? Cek Dulu Hal Ini

Jakarta, (Antarariau.com) - Memang sih nikmat gunakan tangan saat makan. Apalagi, kalau Anda tengah makan nasi hangat beserta lauk ayam goreng, tempe, tahu, dan lalapan...sungguh lezat! Eits, tunggu dulu, biarpun nikmat, tapi Anda mesti waspada.

Ternyata, ada alasannya lho. Diam-diam, tangan itu menyimpan kuman. Oleh karena itu, dr. Akira Prayudijanto, Sp.A, dokter spesialis anak dari RSAB Harapan Kita berbagi kiatnya agar penyebaran kuman diminimalisir. “Cucilah tangan dengan sabun dan dibawah air mengalir adalah salah satu kuncinya,” jelas dr. Akira.

Dokter Akira melanjutkan, sayangnya banyak restoran di Indonesia hanya menyediakan baskom kecil sebagai tempat untuk mencuci tangan. “Sebaiknya, hindari mencuci tangan didalam baskom. Karena aira yang tidak mengalir itu mengandung banyak kuman,” tandasnya.

Namun, lanjut dr. Akira, tidak ada air mengalir, Anda dapat membersihkan tangan dengan hand sanitizer. “Pastikan produk hand sanitizer yang digunakan mengandung kadar alkohol setidaknya 60 persen,” tegasnya.

Dr. Akira juga menyatakan hand sanitizer tidak dapat dipakai jika tangan Anda sangat kotor. “Hand sanitizer dipakai ketika tangan terlihat bersih. Tetapi, jika ada kotoran menempel seperti tanah atau oli, hand sanitizer tidak dapat dipakai.