Diskanla Dumai Ingatkan Nelayan Waspadai Cuaca Perairan

id diskanla dumai, ingatkan nelayan, waspadai cuaca perairan

Diskanla Dumai Ingatkan Nelayan Waspadai Cuaca Perairan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Aparat Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Dumai, Provinsi Riau mengingatkan nelayan agar waspada saat melaut mengingat kondisi cuaca tidak stabil dan cenderung ekstrim.

"Nelayan kita imbau untuk waspada saat melaut karena cuaca perairan saat ini cenderung memburuk serta meningkatkan keselamatan ketika menghadapi situasi buruk di laut," kata Kepala Diskanla Dumai Syafrizal kepada wartawan, Selasa.

Dia menjelaskan, nelayan mesti memahami kondisi cuaca ketika akan melaut dan tidak memaksakan diri untuk memasuki perairan jika mendapati gelombang tinggi air laut.

Menurutnya, dalam beberapa hari ini terakhir, prakiraan cuaca juga tak menentu, karena terkadang cerah dan berubah menjadi mendung berawan atau hujan.

"Kondisi buruk diperairan biasanya juga menyebabkan jumlah ikan tangkap diperairan berkurang, karena itu diminta nelayan menjaga keselamatan diri," ungkapnya.

Para nelayan juga disarankan untuk melengkapi diri dengan alat keselamatan diri dan kapal ketika harus turun ke laut, seperti alat lampu penerangan dan pelampung yang memadai.

Aktivitas melaut nelayan harus dilakukan dengan berhati-hati dengan cara tidak terlalu jauh dari pantai supaya ketika ada kejadian buruk bisa langsung mencari sandaran terdekat.

"Kalau harus melaut juga, kita sarankan supaya nelayan tidak sendirian turun ke laut agar saat ada cuaca buruk bisa menyelamatkan diri bersama-sama," ungkapnya.

Pemerintah Kota Dumai diketahui setiap tahun terus menyalurkan bantuan bagi nelayan tangkap ikan berupa peralatan dan Sembako ketika memasuki musim cuaca perairan memburuk.(KR-AZK)