Serikat Pekerja Harus Perjuangkan Kesejahteraan Buruh

id serikat pekerja, harus perjuangkan, kesejahteraan buruh

Serikat Pekerja Harus Perjuangkan Kesejahteraan Buruh

Siakhulu, (Antarariau.com) - Federasi Serikat Pekerja Transportasi Darat-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia cabang Kabupaten Kampar menggelar pelantikan kepengurusan yang baru masa bhakti 2014 - 2017 di Hotel Tigadara, Kecamatan Siak Hulu, Senin (29/1).

Pada acara pelantikan yang dihadiri Bupati Kampar diwakili Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja H Anizur itu ia menyebutkan, UU tenaga kerja No.13 tahun 2003 menyebutkan berdasarkan asas keterpaduan dengan melalui koordinasi fungsional lintas sektoral pusat dan daerah, untuk mengatur tenaga kerja baik buruh maupun majikan dimana tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan, begitu juga Serikat pekerja didirikan dimana saja keberadaannya, tujuannya adalah tetap satu yaitu memperjuangkan kesejahteraan buruh.

Untuk itu bagaimana caranya agar kesejahteraan tercapai dan majikan pun tidak terbebani artinya sesuai porsi dimana si majikan sesuai kemampuannya sehingga ada kesanggupan meningkatkan dan memberi gaji yang sesuai standarisasi Peraturan Pemerintah atau Upah Minimun Regional(UMR).

Anizur juga berpesan kepada F.SPTD-K.SPSI harus mampu berfungsi sebagai pengembangan manusia seutuhnya yang sejalan dengan program pembangunan Pemda Kampar sebagimana tertuang dalam pilar ke dua yaitu untuk peningkatan ekonomi masyarakat dan pilar ketiga untuk peningkatan SDM serta turut serta berperan aktif dalam mewujudkan hubungan industrial, sehingga dapat mengembangkan usaha bagi peningkatan perbaikan pendapatan pekerja.

Kepada buruh atau para tenaga kerja, Anizur menghimbau agar dapat menjalankan dan mematuhi aturan tenaga kerja, Pemda Kampar melalui Dinas Sosial dan tenaga Kerja dalam hal ini akan mendampingi dan siap membantu para buruh jika ada persoalan dan bersama pihak perusahaan akan mencari solusi terbaik.

Sementara Pimpinan pusat DPD F.SPTD-K.SPSI M Tampubolon diwakili sekretaris umum DPD F.SPTD-K.SPSI pusat di Jakarta H Sihombing usai melantik menyampaikan harapan agar Pemda dapat membantu pengembangan organisasi dan Kepada semua pekerja yang tergabung dalam organisasi dapat jadikan momentum pelantikan sebagai solusi penyelesaian persoalan di setiap perusahaan karena kita bekerja di unit kerja dan perusahaan yang berbeda dimana banyak terjadi permasalahan.

Yasir Ahmad ketua terpilih masa Bakhti 2014 - 2017 menjelaskan, di Kampar sudah ada sebanyak 17 orang pengurus F.SPTD-K.SPSI, harapan ke depan dengan keberadaan F.SPTD-K.SPSI dapat lebih mengorientasi dan memperjuangkan kesejahteraan para pekerja terutama soal gaji, masalah jaminan kesehatan kerja dan keselamatan kerja. (Adv)