Pemprov Riau Beri Perhatian Serius Kawasan Perbatasan

id pemprov riau beri perhatian serius kawasan perbatasan

Pemprov Riau Beri Perhatian Serius Kawasan Perbatasan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Provinsi Riau akan memberikan berhatian serius untuk membangun dan mengembangkan kawasan perbatasan, khususnya pada pulau-pulau terluar yang memiliki potensi sebagai objek pariwisata.

"Kami juga telah melakukan iventarisasi wilayah perbatasan, seluruhnya yang ada di Riau," kata Kepala Badan Pengelolaan Perbatasan Daerah (BPPD) Riau Zulkarnain kepada pers lewat sambungan telepon, Sabtu siang.

Menurut dia hal itu dilakukan agar berbagai program yang dicanang dapat berjalan baik dan maksimal.

Selain itu, lanjut dia, juga karena masih banyak ditemukan permasalah-permasalahan teknis di kawasan perbatasan yang tentunya dapat berpengaruh buruk ke berbagai sektor, khususnya dunia investasi.

"Iventarisasi juga dinilai penting untuk mengetahui kondisi riil terkait kawasan yang kerap terlupakan. Dengan harapan, kawasan perbatasan mendapat sentuhan-sentuhan dari sisi infrastruktur dan aspek penunjang pengembangan daerah," katanya.

Ia menjelaskan, upaya pemetaan kawasan perbatasan telah mulai dilakukan dan diharapkan tuntas dalam waktu dekat sehingga berbagai program untuk memajukan daerah-daerah itu dapat segera dilaksanakan.

Dalam pengembangan wilayah perbatasan, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Riau sangat serius, ini sesuai dengan program pemrintah pusat yang akan mengintegrasikan pembangunan maritim.

"Dalam menjalankan berbagai program itu, kami juga akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. Diamana, akan ada solusi bersama dalam menjawab masalah-masalah di kawasan perbatasan," katanya.

Salah satunya, kata dia, yakni permasalahan infrastruktur, dimana banyak kawasan perbatasan yang masih minim pembangunan akibat tidak adanya pemerataan.

"Maka dalam program ini, kami akan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga. Permasalahan sarana pendidikan dan kesehatan juga akan dicarikan solusi dengan instansi terkait baik itu dinas pendidikan maupun dinas kesehatan," katanya.

Mengenai dananya, kata dia, juga tidak hanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APDB) saja, namun juga ada dana bantuan dari APBN.

"Harapannya APBN dapat banyak terkucurkan untuk Riau karena daerah ini juga begitu banyak menyumbang pemasukan bagi negara atau pemerintah pusat," katanya.