Lima Pelabuhan Baru Bakal Dibangun 2015

id lima pelabuhan, baru bakal, dibangun 2015

Lima Pelabuhan Baru Bakal Dibangun 2015

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah bakal membangun lima pelabuhan kapal baru pada 2015 dari 24 pelabuhan di Indonesia yang bakal dibangun dan dikembangkan.

"Lima pelabuhan itu diantaranya berada di bawah Pelindo I. Jadi, kelima pelabuhan tersebut menjadi program strategis kita 2015," kata Kepala Humas PT Pelindo I Eriansyah melalui telepon seluler dari Pekanbaru, Ahad.

Ke lima pelabuhan yang dimaksud adalah pengembangan Pelabuhan Malahayati yang berada di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam dan Pelabuhan Belawan di Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian Pelabuhan Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara, yang akan dibangun, lalu Pelabuhan Dumai di Kota Dumai, Provinsi Riau, yang akan dikembangkan dan Pelabuhan Batam di Kota Batam, Provinsi Kepulaun Riau.

PT Pelindo I memiliki tugas membangun Pelabuhan Bagansiapiapi di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau, dikenal sangat ramai karena berada di Selat Malaka dan Pelabuhan Gunung Sitoli, Pulau Nias, Provinsi Sumatera Utara, yang berbatasan langsung dengan Samudera India.

Kemenhub akhir tahun 2014 menyerahkan pengembangan 15 pelabuhan komersil ke badan usaha milik negara pada 2015. Kemenhub sendiri lebih fokus mengembangkan pelabuhan-pelabuhan non komersil di kawasan terpencil untuk mempercepat pembangunan infrastruktur transportasi.

"Kebijakan baru itu sebagai bagian dari upaya meningkatkan aksesibilitas, mempercepat pemerataan infrastruktur transportasi, membuka keterisolasian dan meningkatkan infrastruktur kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar," kata Staf Khusus Keterbukaan Informasi Publik Menteri Perhubungan Hadi M Djuraid.

Saat ini di seluruh Indonesia terdapat 1.241 pelabuhan. Dari jumlah tersebut, 112 BUMN dikelola oleh BUMN kepelabuhanan, sedangkan sebagian besar dikelola oleh Kementerian Perhubungan melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT).