Pemerintah Daerah Upayakan Akurasi Data

id pemerintah daerah, upayakan akurasi data

Kuantan Singing, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, berupaya optimal membuat data secara akurat dan tepat agar tercapai program kependudukan yang baik di daerah itu.

"Ini untuk kepentingan program pembangunan di segala bidang, data kependudukan selalu ter-update akan sangat bermanfaat bagi semua pihak," kata Bupati Kabupaten Kuantan Singingi H Sukarmis di Teluk Kuantan, Minggu.

Ia mengatakan, akurasi data kependudukan bisa membantu pemerintah untuk melihat jumlah warga yang tepat di sejumlah kecamatan, data kemiskinan dan lainnya sehingga apa yang menjadi program akan di sesuaikan dengan data tersebut.

Dicontohkannya, jika merencanakan pembangunan, seperti untuk sosial, ekonomi, itu dibutuhkan dukungan data penduduk terbaru, termasuk untuk membantu masyarakat miskin dengan program ekonomi kerakyatan.

"Saya meminta kepada Satker terkait dalam hal penyediaan data penduduk agar senantiasa terus meningkatkan koordinasi, supaya data yang ada benar-benar data yang terbaru," katanya.

Selain itu, Sukarmis juga meminta agar administrasi kependudukan ini terus ditertibkan mulai dari tingkat desa dan kecamatan, data-data yang memang sangat dibutuhkan itu supaya terakses setiap saat secara cepat.

Saat ini, kata Bupati, jumlah penduduk Kuansing lebih kurang 337 jiwa. Jumlah tersebut diakuinya sebagian merupakan warga pendatang yang berasal dari luar daerah, sementara masyarakat tempatan perlu ditingkatkan ekonomi dan sumber daya manusianya sehingga dapat bersaing dengan baik.

"Masyarakat harus mendapatkan pendidikan yang layak," ujarnya. (Advertorial)