Kampar Miliki dan Fungsikan "Rumah Aman"

id kampar miliki, dan fungsikan, rumah aman

Kampar Miliki dan Fungsikan "Rumah Aman"

Bangkinang, (Antarariau.com) - Pusat Pelayanan Terpadu, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Kampar pada tahun 2015 ini segera memfungsikan rumah aman bagi masyarakat yang membutuhkan perlindungan terkait kasus kekerasan dalam rumah tangga.

Hal itu disampaikan Ketua P2TP2A Kabupaten Kampar Zamri SH melalui Divisi Penguatan Jaringan Informasi dan Dokumentasi P2TP2A Kampar Syawir Abdullah SH kepada wartawan, Senin (26/1) di Bangkinang Kota.

“Sesuai yang kita usulkan kepada Pemda Kampar melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (BKBPP) Kabupaten Kampar, kita akan fungsikan bekas Kantor sementara Pengadilan Agama Bangkinang, yang berada satu lingkungan dengan P2TP2A di Jalan Prof. M Yamin SH nomor 990 Bangkinang Kota,” ujar Syawir.

Kendati demikian, sampai hari ini pihaknya masih menunggu kapan kepastian gedung tersebut dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas rumah aman bagi masyarakat Kampar yang membutuhkannya.

“Kita masih menunggu sampai kantor PN Agama Bangkinang kembali pindah kekantornya jalan Sudirman Bangkinang,” sebut Syawir.

Syawir juga menyampaikan bahwa rumah aman ini difungsikan dan diperuntukan untuk perempuan dan anak yang mendapatkan perlakukan yang tidak wajar dalam rumah tangga, baik kasus pemerkosaan, pencabulan maupun penganiayaan.

Terhitung sejak tahun 2013 hingga 2014 lalu, P2TP2A Kabupaten Kampar telah menangani kasus tersebut sebanyak 36 kasus, 25 Kasus tahun 2013 dan 11 kasus tahun 2014 lalu.

“Penanganan kasus demi kasus dan termasuk upaya perlindungan kepada korban tersebut tentunya membutuhkan biaya operasional dan Insha Allah pada APBD Kampar 2015 ini anggaran P2TP2A sudah disetujui sesuai yang diusulkan," ungkap Syawir tanpa menjelaskan nominal anggarannya.

Tapi yang jelas menurut Syawir, anggaran tersebut akan dialokasikan untuk operasional rumah aman, mulai untuk pengadaan, belanja rutin, honor pegawai dan juga termasuk untuk operasional P2TP2A secara umum. (Adv)