Disbudparpora Segera Gelar Kontes Batu Akik

id disbudparpora segera, gelar kontes, batu akik

Disbudparpora Segera Gelar Kontes Batu Akik

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, segera melaksanakan kontes batu akik 20-22 Februari 2015.

"Jenis batu akik yang ikut kontes ini berupa batu akik polos dan batu akik bermotif dengan ukuran 1,5 centi meter dan telah diikat," kata Panitia Pelaksana Kontes Batu Akik Kuantan Singingi (Kuansing) Yulizar Munsri di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, kontes ini diyakini akan diikuti ratusan penggemar batu akik dari berbagai kecamatan dan wilayah lain, karena batu akik sudah menjadi asesories semua kalangan sebagai pemanis jari.

Kecenderungan batu akik saat ini bukan hanya dimiliki warga kota, akan tetapi telah sampai ke pelosok negeri, selain sebagai keindahan jari juga sebagian menyakini akan meningkatkan aura pemakainya seperti timbulnya karismatik, kewibawaan dan keindahan.

"Kalau dilihat sekilas, bagi yang memiliki batu akik dengan yang tidak akan terlihat sangat jauh perbedaan, bahkan kecenderungan pemakaian batu akik sudah kalah jika dibandingkan pemakaian batu cincin mas," ulasnya.

Menurut dia, penggemar batu akik di Kuansing saat ini mencapai ratusan ribu, baik kalangan PNS mulai dari pejabat teras sampai pegawai honor, bahkan kalangan awam pun juga banyak berburu batu akik hingga tukang poles batu bermunculan memanfaatkan peluang bisnis ini.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kuansing akan memandang bahwa penggemar batu ini sudah bukan lagi sebagai hobi tetapi banyak juga menjadikannya sebagai bisnis untuk menambah pendapatan, karena itu pihaknya berupaya menggelar kegiatan kontes yang juga bernilai bagi daerah ini.

"Syarat mengikuti lomba batu akik adalah, batu akik harus diikat berupa cincin dengan ukuran panjang minimal 1,5 cm, setiap peserta maksimal membawa batu akik sebanyak lima buah, membayar uang pendaftaran Rp50.000, per batu dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh pelaksana," terangnya.

Dia menjelaskan, untuk pendaftaran dimulai tanggal 1 hingga 18 Februari mendatang kepada saudara Zulkandra, Teja Sukmana dan Wiwin Satriadi dan tempat kontes akan dilaksanakan di GOR B Stadion Sport Centre Teluk Kuantan.

"Selesai kegiatannya diharapkan nilai batu akik dari Kuansing tinggi harganya dan bisa dijadikan bisnis, selain nantinya akan ada lelang dan pendaftaran batu di instansi terkait," harapnya. (Advertorial)