Pemkab Kampar Target 259.200 Keluarga Bebas Miskin

id pemkab kampar, target 259200, keluarga bebas miskin

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Kampar, Riau, menjalankan sejumlah program kesejahteraan rakyat yang dinamakan "Tri Zero Kemiskinan" dengan target 259.200 keluarga dapat terbebas dari kemiskinan.

"Setiap bulan ada pelatihan untuk warga di tiga sektor potensial seperti pertanian, perikanan dan peternakan," kata Bupati Kampar Jefry Noer di Kubang Raya, Kampar, Selasa.

Jefry mengatakan, dalam sebulan itu ada 240 warga yang dilatih keterampilan di Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) terpadu Kubang Jaya dengan harapan per orang nantinya dapat melakukan pembinaan dan memberikan ilmu mereka terhadap seratus orang lainnya.

"Dengan demikian, maka akan ada 2.400 orang yang terserap dalam kesuksesan pelatihan itu. Per kelompok akan diberikan pinjaman dana secara bergulir, dimana untuk pertanian itu Rp30 juta, perikanan Rp60 juta, dan peternakan sebesar Rp100 juta," kata Jefry.

Jika setiap orang mampu mengembangkan usaha sesuai dengan bidang pembinaannya masing-masing, lanjut dia, maka per orang akan membutuhkan tenaga tambahan paling sedikit tiga orang sebagai pekerja.

"Kalau dikalikan, berarti 3 kali 2.400 ada sebanyak 7.200 orang kepala keluarga yang akan terselamatkan dari kemiskinan. Program ini ditarget sebulan telah berjalan dan sukses," katanya lagi.

Dan jika dikalikan lagi, kata Jefry, selama satu tahun berarti akan ada 86.400 keluarga miskin yang dapat meningkatkan perekonomian mereka, dan bukan tidak mungkin mereka akan menjadi pengusaha pertanian, perikanan dan peternakan yang sukses dengan omset yang besar, berlimpah. (Advertorial)