Disperindag Pekanbaru Temukan Puluhan Kilogram Apel Berbakteri

id disperindag pekanbaru, temukan puluhan, kilogram apel berbakteri

Disperindag Pekanbaru Temukan Puluhan Kilogram Apel Berbakteri

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menemukan puluhan kilogram Apel "Granny Smith" dan Gala beredar di wilayahnya, saat pihaknya melakukan sidak ke beberapa kios dan swalayan buah.

"Sasaran sidak kita kios buah dan swalayan kecil di Jalan Hangtuah hari ini," kata Kepala Bidang Perlindungan dan Pengawasan, Disperindag Pekanbaru, Eddy Fahmi, di Pekanbaru, Rabu.

Dia menjelaskan pihaknya yang tergabung dalam tim beserta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Riau telah berbagi tugas lokasi sidak yang dilakukan Rabu pagi hingga siang.

Mereka menyisir semua kios dan swalayan buah kecil yang ada di pinggiran Kota Pekanbaru, karena diduga informasi terkait larangan memperdagangkan apel ini masih belum sampai ke pedagang kecil.

"Tujuannya di tempat ini biasanya pedagang lambat mendapatkan informasi serta tidak mau tahu, berbeda dengan mal atau sejenis pertokoan lain," kata dia.

Ia menutyurkan bahwa sidak ini dilakukan untuk menindaklanjuti edaran dari Kementerian Perdagangan RI yang menyatakan secara resmi pelarangan beredarnya apel jenis Granny Smith asal AS dan Gala dari California. Karena mengandung bakteri Listeria Monocytogenes.

Dari razia tersebut, terang dia tim menemukan sekitar 60 kg jenis apel yang dimaksud di beberapa kios dan swalayan di Jalan Hangtuah.