Dinas Kesehatan Dumai Sebar Abate Cegah DBD

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan Kota Dumai Riau jadwalkan pada April 2015 depan mengadakan gerakan sebar bubuk abate di semua rumah masyarakat sebagai upaya pencegahan demam berdarah dengue (DBD).

         Kepala Diskes Dumai Paisal, Rabu menyatakan, gerakan ini akan melibatkan seluruh pegawai Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), TNI, mahasiswa dan pelajar serta anggota pramuka.

         "Dijadwalkan April mendatang kita akan bagikan bubuk abate dengan target semua rumah masyarakat di tujuh kecamatan dengan melibatkan banyak pihak hingga ratusan orang," katanya.

         Dijelaskan, pembagian bubuk abate ini untuk menindaklanjuti makin maraknya kasus demam berdarah di tengah masyarakat akibat lingkungan yang kotor dan tidak menerapkan pola hidup sehat.

         Di samping itu, mengingat saat ini mulai terjadi siklus lima tahunan perkembangan nyamuk penular demam berdarah, sehingga harus dilakukan upaya pencegahan nyata.

         "Sejauh ini kita menilai cara tepat dan efisien untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah adalah dengan menaburkan bubuk abate di semua tempat penampungan air yang terdapat di rumah warga," terangnya.

         Dia menilai, masih maraknya kasus demam berdarah saat ini karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dan membiarkan kaleng atau wadah penampungan air bertebaran di sekitar rumah.
 
 
 

loading...