Hadapi MEA Riau Harus Dorong Produk Lokal

id hadapi mea, riau harus, dorong produk lokal

Hadapi MEA Riau Harus Dorong Produk Lokal

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengamat Asia Competitiveness Institute (ACI), Prof Dr Zulkarnain menilai guna menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Riau harus mendorong produk produk lokal sehingga bisa menjadi kekuatan sekaligus sebagai "branding".

"Saya sudah meneliti ke sejumlah kabupaten dan kota di Riau seperti Bengkalis, Pekanbaru, Meranti, Inhil dan lainnya. Tidak banyak produk unggulan daerah yang saya temui dari daerah tersebut," kata Prof Dr Zulkarnain di Pekanbaru, Kamis.

Ia berpendapat banyak potensi produk lokal Riau yang sudah seharusnya dikenalkan kepada publik, tidak hanya tingkat nasional, tetapi juga ke mancanegara.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan, kalaupun ada produk yang saat ini diperhatikan pemerintah, namun sebagian besar pemerintah daerah hanya berfikir bagaimana memproduksi secara massal, namun tidak diperhatikan kemana produk tersebut akan dijual.

Selain itu, pengamat sekaligus ketua Program Pasca Sarjana Universitas Riau ini juga mengemukakan, saat ini berdasarkan data ACI, Riau saat ini berada di posisi 14 pada Peringkat Perencana Pemerintah dan Institusi, dibawah Kalimantan Barat dan Sulawesi Tengah.

Ia menilai, dorongan yang lemah pada produk lokal ini juga adalah bagian dari pengaruh posisi lemahnya perencanaan pemerintah dan institusi di Riau.

Selain itu, ia juga menilai Riau harus segera membenahi sektor insfrastruktur guna mengejar ketertinggalan dari provinsi lainnya di Indonesia guna menghadapi MEA.

"Saat ini banyak sekali permasalah di Riau yang belum terpecahkan, padahal sebenarnya tampak didepan mata dan bisa diselesaikan. Saya contohkan, infrsatruktur Jalan, yang katanya pemerintah akan membuat ruas jalan bebas hambatan Dumai Pekanbaru, hingga saat ini tidak terealisasi," kata Zulkarnain

"Pembangunan jalan tersebut jangan dianggap sebagai beban, tapi ianya merupakan investasi jangka panjang," ujarnya.