Pekanbaru Targetkan Swasembada Pangan 2015

id pekanbaru targetkan, swasembada pangan 2015

Pekanbaru Targetkan Swasembada Pangan 2015

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, menargetkan daerah setempat pada 2015 mampu swasembada pangan sehingga bisa memenuhi kebutuhan beras untuk daerah lainnya yang masih minus.

"Kita mulai khawatir akan kebutuhan pangan bagi penduduk yang sudah mencapai satu juta jiwa," kata Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan tingginya angka pertumbuhan penduduk kota itu, harus diimbangi dengan meningkatkan kapasitas produksi pangan yang dalam hal itu bukan saja menyangkut padi.

"Karena Pekanbaru memang bukan daerah penghasil beras," katanya,

Dia menjelaskan selama ini kebutuhan pangan masyarakat kota yang berkembang menuju metropolitan itu masih tergantung kepada produksi daerah lain.

"Tiap hari beras dari daerah sentra penghasil, seperti Sumbar, Sumut, dan Pelembang, serta Jawa masuk ke pasar Pekanbaru," katanya.

Oleh sebab itu, katanya, jika stok dari luar terganggu maka akan ada gejolak.

Untuk itu, katanya, perlu ada program diversifikasi pangan untuk bisa menjadi solusi sehingga dapat mendorong pembangunan cadangan pangan.

Ia mengatakan cadangan pangan tidak harus bertumpu pada komoditas beras melainkan bisa pada substitusi, seperti ubi kayu dan jagung yang banyak dihasilkan di Kota Pekanbaru.

Program diversifikasi pangan, katanya, tidak berarti menggantikan beras tetapi lebih mengubah pola konsumsi masyarakat, yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak jenis pangan yang lebih bergizi sehingga gerakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan sesuai karakteristik daerah bisa dilakukan.

"Ini bisa memicu peningkatan surplus 10 juta ton beras dengan cara penurunan konsumsi beras 1,5 persen per tahun," katanya.

Guna mendukung program tersebut, pihaknya beserta Kodim 0301 sudah melakukan kerja sama pencanangan program swasembada pangan di wilayah Provinsi Riau.

Sebagaai tindak lanjut kerja sama tersebut, pihaknya membentuk kader ketahanan pangan. Mereka para utusan dilatih bagaimana menjadi pioner pangan.

"Kami atas nama pemerintah sangat apresiatif terhadap kegiatan pelatihan kader ketahanan pangan dalam program swasembada pangan di wilayah Kodim 0301/Pekanbaru Tahun 2015," katanya.

Dia mengharapakn program itu menghasilkan kader ketahanan pangan yang menjadi pioner dalam mengatasi permasalahan pangan yang menjadi isu strategis di Kota Pekanbaru.