Indragiri Hilir Siapkan Rp5.7 Miliar Bansos Beasiswa

id , indragiri hilir, siapkan rp57, miliar bansos beasiswa

  Indragiri Hilir Siapkan Rp5.7 Miliar Bansos Beasiswa

Tembilahan, (Antarariau.com) - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, menyatakan beasiswa tahun anggaran 2015 bisa diambil dari biaya pendidikan program Bantuan Sosial yang telah dianggarkan lebih dari Rp5,7 miliar.

"Sebenarnya ini bukan anggaran untuk beasiswa, tapi berupa dana bantuan sosial yang ditujukan untuk biaya pendidikan, dan tahun ini kita anggarkan sebesar Rp5,7 miliar lebih," kata Kabag Kesra Kabupaten Indragiri Hilir, H. Arifin, di Tembilahan, Kamis.

Namun dia menjelaskan meskipun anggaran tersebut bukan anggaran beasiswa, tetapi tetap bisa dicairkan untuk keperluan pendidikan dan diperuntukkan bagi mahasiswa yang tergolong dalam kondisi tidak mampu.

"Sampai hari ini proposal pengajuan bantuan pendidikan tersebut sudah lebih dari 1.500 berkas pemohon," ujarnya.

Dia mengatakan dari jumlah 1.500 tersebut permohonan bantuan pendidikan dari mahasiswa yang telah diajukan ke pihaknya akan diverifikasi secara cermat dan detail. Sebab, bagi penerima dana tersebut harus betul-betul diperuntukkan keperluan pendidikan seperti untuk membayar SPP, keperluan buku, dan kepentingan pendidikan lainnya.

Selain itu untuk bantuan pendidikan anggaran tersebut juga akan diperuntukkan bagi para anak yatim yang sedang menjalani pendidikan, pelatihan qori dan keperluan lainnya.

Terkait beasiswa, tim verifikasi Bagian Kesra Setda Kabupaten Indragiri Hilir dipastikan mulai bekerja pada Februari mendatang. Sebab saat ini tim tersebut sedang dalam proses pembuatan surat keputusan (SK) yang akan ditanda tangani oleh Bupati setempat, H. Muhammad Wardan.

"Jadi, jika permohonan itu lolos verifikasi, dan benar dia tidak mampu, serta data proposal tersebut sesuai dengan keterangan yang diberikan perguruan tinggi, Insya Allah akan dicairkan," paparnya. (Advertorial)