Pekanbaru Pastikan Bangunan Miliki Racun Api

id pekanbaru pastikan, bangunan miliki, racun api

Pekanbaru Pastikan Bangunan Miliki Racun Api

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, kedepan akan mematikan setiap bangunan yang ada di wilayah itu memiliki racun api, guna menekan angka kebakaran.

"Tahun ini melalui Camat akan kita perintahkan semua bangunan miliki racun api," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Alam dan Pemadam Kebakaran, A Mius, di Pekanbaru, Sabtu.

Menurut dia, ini program yang akan terus disosialisasikan hingga tingkat kesadaran masyarakat untuk menekan kasus kebakaran sejak dini bisa dilakukan.

Apalagi kebanyakan kebakaran terjadi memang dari lambatnya penanggulangan sumber api. Jika setiap bangunan miliki racun api maka pencegahan bisa dilakukan sebelum membesar.

Diakui kurangnya kesadaran untuk memiliki racun api pada setiap gedung membuat, kasus kebakaran kecil menjadi besar, padahal harga racun api terbilang tidak mahal.

"Cuma modal beli tabung sekitar seratusan ribu," katanya.

Untuk itu kata dia, pemerintah kedepan akan pro aktif memantau kepemilikan racun api buat bangunan khususnya gedung bertingkat, jika perlu seluruh bangunan baik kantor, hingga rumah pribadi harus memiliki racun api. Meski diakuinya sesuai aturan hal itu masih diwajibkan bagi gedung bertingkat saja.