Deteksi Kanker Sejak Dini Agar Dapat Disembuhkan

id deteksi kanker, sejak dini, agar dapat disembuhkan

Deteksi Kanker Sejak Dini Agar Dapat Disembuhkan

Jakarta, (Antarariau.com) - Dalam rangka memperingati World Cancer Day 2015, Global Medical Group menggelar sebuah diskusi kesehatan yang bertajuk Apa yang Anda Harus Ketahui tentang Kanker Pria dan Wanita.

Acara yang dilaksanakan di Graha Bimasena, Dharmawangsa Hotel, Jakarta, Sabtu (7/2) itu, bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat dalam memerangi kanker dengan perkembangan pengobatannya.

Talkshow itu dibuka oleh Linda Gumelar, survival kanker, penggagas dan pengurus Yayasan Kanker Payudara Jakarta. Selain itu, ada juga Senior Medical Oncology, Dr. Sue Lo dan Konsultan Urologi, Dr. Ho Siew Hong dari Medical Specialist Centres Gleneagles & Mount Elizabeth Novena Singapore.

Dalam sharing session tersebut, baik Linda, Dr. Sue maupun Dr. Ho mengungkapkan bahwa pencegahan dini dapat membantu pasien terbebas dari kanker. Menurut mereka, harus ada kesadaran dari masyarakat untuk segera melakukan pengobatan jika sudah terdeteksi kanker.

Khusus untuk kanker prostat yang biasa diderita oleh kaum pria yang sudah lanjut usia, Dr.‎Ho mengungkapkan bahwa penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan operasi dan radiotherapy.

"Kanker prostat dapat ditangan dan berpotensi sembuh dengan surgery dan radiotherapy jika terdeteksi sejak dini," ujar Dr. Ho dalam pemaparannya.

Sementara itu, Dr. Sue mengatakan untuk perempuan yang terdeteksi kanker payudara, pengobatan melalui kemoterapi sangatlah bermanfaat. Bahkan pada kanker stadium akhir, cara ini bisa meningkatkan kualitas hidup.

"Pengobatan kanker dengan kemoterapi secara tepat pada penderita kanker stadium akhir, dapat meningkatkan kualitas hidup pasien selama 40 sampai 56 bulan," terang Dr. Sue

Dengan adanya talkshow ini, diharapkan masyarakat lebih peduli lagi dan tidak takut terhadap penyakit kanker. Sebab dengan adanya kesadaran untuk berobat, meningkatkan proses kesembuhan.