Bibit: Jokowi Jangan Terjebak Dalam Empat Kepentingan

id bibit jokowi, jangan terjebak, dalam empat kepentingan

Bibit: Jokowi Jangan Terjebak Dalam Empat Kepentingan



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ketua Umum Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi, Bibit Samad Rianto berharap Presiden Jokowi bisa menyelamatkan orde reformasi yang dinilainya telah masuk kubangan korupsi, bersikap tegas dan tidak terjebak dalam empat kepentingan dihadapi oleh Sang Presiden.

"Mudah-mudahan Presiden Jokowi bisa membuat perubahan, meski itu tidak akan mudah karena Jokowi menghadapi empat kepentingan yang berbeda," kata Bibit pada seminar "Strategi Penanggulangan Korupsi dan Iklim Investasi" yang digelar oleh GMPK di Kota Pekanbaru, Senin.

Mantan Wakil Ketua KPK ini mengatakan, empat kepentingan yang kini dihadapi Jokowi yang pertama adalah dari pendukung masyarakat ramai yang punya ekspektasi tinggi agar presiden memerangi korupsi.

Kedua, adalah kepentingan partai pendukung Jokowi yang mungkin banyak menentukan orang-orang pilihan mereka untuk menduduki jabatan strategis.

Ketiga, Bibit mengatakan ada kepentingan teman sejawat yang kini dihadapi oleh Jokowi. "Misalkan dengan JK (Jusuf Kalla), kalau sejalan tak masalah, tapi kalau sudah saling silang seperti rel kereta api, itu bisa parah," ucapnya.

Sedangkan, kepentingan yang terakhir bagi Jokowi adalah kepentingan dari Koalisi Merah Putih (KMP) yang kini memegang mayoritas kursi di DPR RI.

"Jokowi perlu mencermati empat kepentingan ini supaya tidak terkena jebakan-jebakan. Itu soal Pak BG (calon Kapolri Budi Gunawan-Red) sudah jadi jebakan pertama," tuturnya.