Bank Sampah Bantu Kurangi Permasalahaan Sampah

id bank sampah, bantu kurangi, permasalahaan sampah

Bank Sampah Bantu Kurangi Permasalahaan Sampah

Jakarta, (Antarariau.com) - Sampah merupakan salah satu permasalahan lingkungan yang dihadapi oleh banyak warga, dan dianggap sebagai sesuatu yang kurang bernilai ekonomi, termasuk sampah rumah tangga.

Salah satu cara untuk mengurangi permasalahan sampah adalah dengan menggerakkkan partisipasi aktif dari para warga itu sendiri untuk dapat mengelola sampah dengan baik, dengan demikian warga juga akan merasakan manfaatnya baik bagi lingkungannya, dan terutama bagi keluarganya sendiri.

Komunitas Lingkar Senja bersama dengan perusahaan minuman ringan mengadakan pelatihan pengelolaan bank sampah bertajuk “Kelola Sampah Jadikan Berkah”. Sebuah pelatihan pengelolaan sampah yang dimulai dari tingkat rumah tangga warga sekitar menggunakan sistem bank sampah yang memiliki berbagai manfaat bagi warga dan lingkungan hidupnya.

"Dengan pelatihan pengelolaan bank sampah ini diharapkan warga agar peduli lingkungan dan melakukan pemilahan sampah non-organik di rumah tangganya sehingga memiliki nilai ekonomis,” kata Syaifudin Zuhri, perwakilan Lingkar Senja yang memberikan pelatihan bank sampah, dalam siaran pers yang diterima ANTARA News, Selasa.

Teknik pengelolaan bank sampah adalah warga mengumpulkan sampah atau barang-barang bekas yang tak terpakai di rumah masing-masing. Dimulai dengan memilah sampah non-organik atau biasa disebut sampah kering seperti plastik,kain tekstil, kaleng, kardus, kertas, botol minuman, besi, kaca dan lain-lain yang menjadi barang-barang komoditas bank sampah.

Setelah barang dipilah, ditimbang dan warga mengantarkan barang tersebut ke posko atau petugas posko menjemput ke rumah warga. Barang yang sudah disortir, dibersihkan dan bernilai jual sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi untuk masyarakat.