Diskes Dumai Validasi Data Warga Peserta JKN

id diskes dumai, validasi data, warga peserta jkn

Diskes Dumai Validasi Data Warga Peserta JKN

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Dumai, Riau, menggiatkan proses validasi data penduduk di Kecamatan Sungai Sembilan untuk kepentingan warga terdaftar sebagai peserta jaminan kesehatan nasional (JKN).

Kepala Diskes Dumai Paisal, Selasa, menyebutkan validasi data penduduk ini guna mengetahui warga yang belum tercatat sebagai peserta JKN yang merupakan program nasional.

"Setelah didata, lalu akan diselaraskan dengan warga yang sudah tercatat sebagai penerima jatah beras miskin (Raskin) dan program keluarga harapan (PKH) yang diprogramkan pemerintah," katanya kepada pers di Dumai.

Dia menyebutkan proses validasi data penduduk ini juga melibatkan peran rukun tetangga (RT) yang akan mengesahkan dan memeriksa kondisi riil warga setempat.

"Syarat mutlak warga yang berhak menerima program JKN ini selain golongan kurang mampu juga harus memiliki identitas kependudukan, seperti kartu keluarga dan kartu tanda penduduk," jelasnya.

Dia merincikan hasil verifikasi Kecamatan Sungai Sembilan terdiri atas 311 KK diusulkan di Kelurahan Bangsal Aceh dan sebanyak 1.210 diusulkan di Kelurahan Lubuk Gaung.

Kemudian, Kelurahan Tanjung Penyembal sebanyak 522 KK, Kelurahan Basilam Baru 849 KK dan Kelurahan Batu Teritip 352 KK.

"Kami melakukan validasi data penduduk di Kecamatan Sungai Sembilan dengan total usulan sebanyak 3.274 kepala keluarga dan ditargetkan 7.000 jiwa yang bisa terdaftar sebagai penerima JKN," ungkap dia.