Cabup Rohul Janjikan Kemandirian Pangan

id cabup rohul, janjikan kemandirian pangan

Cabup Rohul Janjikan Kemandirian Pangan

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Seorang Calon Bupati Kabupaten Rokan Hulu Suparman menyatakan akan menerapkan Program Kemandirian Pangan dan Energi yang telah dijalankan Kabupaten Kampar jika terpilih sebagai Bupati Rokan Hulu (Rohul) pada Pemilihan Kepala Daerah Desember 2015.

"Program di Kampar sangat baik untuk diterapkan sebagai upaya mengubah pola tanam dan meningkatkan perekonomian masyarakat secara merata," kata Suparman yang juga ketua DPRD Provinsi Riau di Pekanbaru lewat sambungan telepon, Rabu.

Selama ini masyarakat terfokus pada kelapa sawit, padahal banyak jenis tanaman lain yang lebih bernilai ekonomi dan mendukung pemerintah untuk swasembada pangan.

Suparman sebelumnya menyatakan siap untuk maju pada Pilkada Rohul setelah Dewan Perwakilan Daerah Riau Partai Golkar memberikan dukungan.

Dia mengatakan, dalam Pilkada mendatang mengedepankan visi dan misi peningkatan kesejahteraan masyarakat secara merata dengan menerapkan berbagai program kemandirian salah satunya kemandirian pangan dan energi yang kini dijalankan Pemkab Kampar.

Pemerintah Kabupaten Kampar pada tahun ini sedang fokus menjalankan program Desa Mandiri Pangan dan Energi (DMPE) sebagai upaya untuk mewujudkan "3 Zero" atau membebaskan masyarakat dari kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh.

Kesiapan lahan percontohan untuk program tersebut dilaporkan telah mencapai 80 persen. Bupati Kampar Jefry Noer memberi tenggang waktu program itu telah tuntas pada 5 Maret 2015.

Menurut Ketua DPRD Riau Suparman, program yang diterapkan Pemkab Kampar sangat inovatif dan patut untuk dicontoh oleh daerah lain sebagai upaya swasembaga pangan.

Ia mengatakan, jika terpilih menjadi Bupati Rokan Hulu (Rohul), akan menerapkan sejumlah program yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Tentunya, lanjut dia, tujuannya adalah untuk peningkatan taraf perekonomian masyarakat secara menyeluruh, bebas dari kemiskinan, pengangguran dan rumah-rumah kumuh seperti halnya program Pemkab Kampar.