Asap Kebakaran Hutan Mulai Cemari Udara Dumai

id asap kebakaran, hutan mulai, cemari udara dumai

Asap Kebakaran Hutan Mulai Cemari Udara Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Dumai, Provinsi Riau, Bambang Surianto menyatakan, kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan mulai mencemari kualitas udara.

"Udara Dumai mulai tercemar kabut asap akibat kebakaran lahan yang terjadi belakangan ini di sejumlah wilayah," katanya kepada pers, Rabu.

Berdasarkan papan Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) milik PT Chevron Pacifik Indonesia (CPI) Dumai, kualitas udara sudah tergolong tidak sehat dBerdasarkan papan Indek Standar Pencemaran Udara (ISPU) milik PT Chevron Pacifik Indonesia (CPI) Dumai, kualitas udara sudah tergolong tidak sehat dengan angka 46-122 Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU/PSI).

engan angka 46-122 Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU/PSI).

Bambang menjelaskan, cemaran kualitas udara mengalami pasang surut tergantung ketebalan kabut asap di daerah ini, karena sebelumnya pada Selasa (24/2) dinyatakan normal dengan 46 PSI.

Selain itu, ketebalan kabut asap di udara hanya tampak terlihat pagi hari di bawah pukul 07.00 WIB, namun berangsur hilang pada siang dan kembali pekat di malam harinya.

"Kebakaran hutan danlahan sangat berdampak buruk bagi lingkungan dan manusia. Mmasyarakat sebaiknyar menjaga kesehatan dan hindari menghirup asap secara langsung," ujarnya.

Pengukuran menggunakan ISPU PT Chevron tersebut, lanjut dia, saat ini menjadi acuan pemerintah untuk mengetahui cemaran dan kualitas udara karena belum memiliki alat sendiri.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Dumai Tengku Ismet menyebutkan luas lahan terbakar diperkirakan mencapai puluhan hektare.

Menurut dia, kebakaran lahan sudah terjadi di sejumlah kecamatan, yaitu Bukit Kapur dan Sungai Sembilan di kawasan perkebunan serta perbatasan dengan daerah lain.

"Pemadamana dilakukan secara bersama oleh aparat dari instansi terkait dan dibantu masyarakat peduli api yang telah dibentuk pemerintah di setiap kelurahan," katanya.