Di Hadapan Publiknya Sendiri, Arsenal Dikalahkan AS Monaco 3-1

id di, hadapan publiknya, sendiri arsenal, dikalahkan as, monaco 3-1

 Di Hadapan Publiknya Sendiri, Arsenal Dikalahkan AS Monaco 3-1

London, (Antarariau.com) - AS Monaco berhasil mempermalukan Arsenal di hadapan publik sendiri saat mengalahkan klub London itu dengan skor 3-1 dalam laga pertama babak 16 besar Liga Champions Eropa di Emirates, Kamis pagi WIB.

Tiga gol Monaco dicetak oleh Geoffrey Kondogbia, Dimitar Berbatov dan Yannick Ferreira-Carrasco masing-masing pada menit 38, 53 dan 94, sementara pemain pengganti Alex Oxlade-Chamberlain mencetak gol pada menit 90 yang memperkecil kekalahan Arsenal.

Hasil tersebut membuat Monaco hanya membutuhkan hasil seri kala melakoni laga kedua di Stade Louis II dua pekan mendatang.

Arsenal sebetulnya lebih menguasai jalannya permainan dan memiliki penguasaan bola sebanyak 57 persen, namun ujung serangan mereka tumpul dan dari 14 kali percobaan tembakan hanya empat kali menemui sasaran.

Berbanding terbalik, Monaco justru bermain efektif dan selalu mengancam gawang Arsenal tiap berkesempatan melakukan serangan, terlihat dari tujuh tembakan tepat sasaran dari 10 kali percobaan yang akhirnya berbuah tiga gol.

Sejak awal Arsenal berusaha tampil menyerang namun percobaan tembakan pertama yang dilepaskan Danny Welbeck pada menit ke-2 masih melambung dan menyamping di sisi kanan atas gawang Monaco.

Penyerang Chile, Alexis Sanchez, hampir membawa Arsenal unggul pada menit ke-33, bila saja bola tendangannya tidak melambung tipis di atas mistar gawang Danijel Subasic.

Tiga menit berselang, umpan tarik Hector Bellerin dari sisi kanan juga gagal diselesaikan dengan baik oleh Olivier Giroud dan tuan rumah lagi-lagi belum mampu memanfaatkan penguasaan penuh permainan yang mereka miliki demi mencetak gol.

Namun, di bawah tekanan yang deras mengalir, Monaco justru mencuri gol pertama laga tersebut pada menit 38 lewat tendangan jarak jauh Kondogbia yang sempat membentur Per Mertesacker sehingga berubah arah dan mengecoh penjaga gawang David Ospina.

Memasuki babak kedua, Arsenal kembali terlihat menggebu-gebu untuk keluar menyerang, hasilnya dua peluang terbuka dibuang percuma Olivier Giroud pada menit 46 dan 52.

Tuan rumah justru dikejutkan dengan sebuah serangan balik yang membuat keunggulan Monaco berganda pada menit 53.

Gol tersebut berawal dari skema serangan balik sebelum Joao Moutinho akhirnya mengirimkan umpan pada Berbatov yang berdiri bebas dan memiliki ruang tembak terbuka lebar serta sukses menaklukkan Ospina.

Bernafsu mengubah keadaan, sejumlah peluang tak jua berujung gol bagi Arsenal, hingga akhirnya pelatih Arsene Wenger memutuskan menarik Giroud dan menurunkan Theo Walcott pada menit 60.

Namun butuh dua pergantian lain, Alex Oxlade-Chamberlain untuk Francis Coquelin dan Tomas Rosicky untuk Santi Cazorla, sebelum akhirnya Arsenal memperoleh gol mereka dalam laga tersebut, itu pun baru terlahir di menit terakhir waktu normal lewat tendangan Oxlade-Chamberlain.

Gol cantik itu berasal dari situasi sepak pojok yang berusaha dihalau para pemain Monaco, namun bola jatuh ke kaki Oxlade-Chamberlain di luar kotak penalti, yang sempat mengendalikan bola sejenak sebelum melepaskan tendangan melengkung yang jelas sulit dijangkau penjaga gawang Danijel Subasic.

Wasit Deniz Aytekin memutuskan memberi waktu tambahan selama satu menit, namun ternyata laga terus berlangsung bahkan sampai Monaco memperoleh gol ketiga mereka pada menit 94, lewat Carrasco yang baru masuk menggantikan Berbatov pada menit 75.

Monaco akhirnya mengantongi modal besar untuk menyongsong laga kedua di Stade Louis II dua pekan mendatang.