Peritel Pekanbaru Gandeng UMKM Hadapi MEA

id peritel pekanbaru, gandeng umkm, hadapi mea

Peritel Pekanbaru Gandeng UMKM Hadapi MEA



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Salah satu peritel yang ada di Pekanbaru, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), telah menjalin kerjasama dengan pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) untuk penguatan produk dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

"Kami berkewajiban mendorong produk UMKM maupun produk lokal mendapatkan porsi yang besar dijaringan ritel modern," kata Corporate Communication General Manager Alfamart, Nur Rachman, di Pekanbaru, Kamis.

Dia mengatakan, pihaknya menggandeng pelaku UMKM sebagai pemasok dilakukan perusahaan yang menjual produk-produk lokal, Namun dikemas melalui produk "Home Brand Private Label" (HBPL) dengan merek Alfamart.

Kata dia, sebagian besar produk UMKM yang dikemas melalui HBPL mayoritas merupakan produk makanan.

"Jelang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) tahun ini, nantinya produk impor bakal membanjir tanah air, hal ini berpotensi merebut pasar produk lokal," katanya.

Nur mengatakan disisi lain harus ada keinginan pelaku UMKM untuk menjaga dan meningkatkan daya saing sebagai industri kreatif dan inovatif. Selain itu UMKM juga harus meningkatkan standar, desain dan kualitas produk agar sesuai dengan ketentuan pasar ASEAN.

"Produk yang dijual di Alfamart saat ini mayoritas adalah produk dalam negeri. Itu sebabnya kita dan UMKM sesama pelaku usaha domestik harus menguatkan sinergi agar bisa meningkatkan daya saing," katanya.