Legislator Dukung KB Gratis Masyarakat Kampar

id legislator dukung, kb gratis, masyarakat kampar

Legislator Dukung KB Gratis Masyarakat Kampar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau Eva Yuliana mendukung program keluarga berencana gratis bagi masyarakat di Kabupaten Kampar sebagai upaya menekan laju pertumbuhan penduduk dan mendukung pemerintah memberantas kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh.

"Setahu saya program KB gratis di Kampar telah berjalan sejak lama, dimana masyarakat yang hendak menjalankan program ini diberikan penyuluhan serta alat KB secara gratis," kata Eva Yuliana, juga Ketua Tim Penggerak PKK Kampar kepada pers di Siak Hulu, Kampar, Jumat.

Eva menjelaskan, bahwa pihaknya mendukung seratus persen Program KB di Kampar dan di Riau karena memberi dampak positif di berbagai sektor, mulia dari perekonomian, pendidikan dan kesehatan.

Menurutnya, jika satu keluarga hanya ada dua anak, maka orang tuanya akan mampu memberikan asupan gizi yang cukup bagi anak-anaknya dan dapat menyekolahkan ke jenjang yang tinggi hingga universitas.

"Kalah sudah sarjana, diharapkan akan membuka lapangan pekerjaan sehingga kemiskinan, pengangguran dan rumah kumuh dengan sendirinya berkurang dan menjadi zero. Jika demikian, maka perekonomian masyarakat secara merata akan terdongkrak," katanya.

Eva Yuliana juga mengimbau agar masyarakat menghindari kawin muda karena begitu banyak risiko yang dihadapi.

Menurut Eva, pasangan muda sangat rentan karena kondisi psikologisnya yang kurang siap serta mentalnya yang belum matang.

"Maka menikahlah ketika dewasa atau benar-benar siap. Karena memiliki dan mengurus anak tidaklah gampang, dibutuhkan keseriusan agar masa depan anak itu baik dan cerah," katanya.

Legislator Riau ini juga berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kampar yang telah memberikan dukungan penuh atas berbagai program keluarga berencana yang dijalankan.

"Asupan anggaran yang dialokasikan juga sangat cukup sehingga program keluarga berencana di Kampar benar-benar berjalan dan hasilnya optimal," katanya.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Indra Warman sebelumnya mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada Pemkab Kampar yang mendukung menyukseskan Program KB.

"Selama ini kami kesulitan untuk menemui bupati dan wali kota di Riau. Tapi tidak untuk Kampar yang ternyata begitu perhatian dalam program ini," katanya.