Disperindag Riau Tegaskan Harga Beras Stabil

id disperindag, riau tegaskan, harga beras stabil

 Disperindag Riau Tegaskan Harga Beras Stabil

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Riau menyatakan harga beras di daerah itu masih relatif stabil seperti kualitas premium Rp11.500 per kilogram karena dipengaruhi lancarnya pasokan dari daerah provinsi tetangga.

"Harga beras kualitas premiun di pasar tradisional sudah mencapai Rp11.500 per kilogram dan bertahan di harga tersebut meski beberapa waktu sebelumnya Rp9.500 per kilogram," papar Kabid Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Provinsi Riau Nizma Hanum di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan, kenaikan harga beras di Provinsi Riau dipengaruhi oleh faktor petani yang belum memanen hasil pertaniannya terutama padi akibat cuaca yang tidak mendukung dan tergenang air seperti beberapa daerah di Sumatera Utara.

Kenaikan harga beras yang terus melambung tinggi di Pulau Jawa belum begitu berdampak bagi Provinsi Riau karena pasokan beras daerah tersebut mengandalkan dari provinsi tetangga seperti Sumatera Barat dan Sumatera Utara.

Nizma mengakui bahwa stok beras di pasar lebih dari mencukupi untuk kurun waktu selama 4 bulan kedepan saat pihaknya berkoordinasi Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog). "Meski stok cukup, harga beras tetap naik karena biaya produksi meningkat," katanya.

Menurut dia, Perum Bulog memiliki peranan besar dalam mengatasi permasalahan persediaan dan kenaikan harga beras bagi pemerintah daerah terutama tingkat kabupaten/kota di Riau.

Pemerintah kabupaten/kota diminta untuk mengurus permasalahan bersifat administrasi yang ditujukan ke perusahaan umum tersebut.

"Kita sedang mengupayakan agar pemerintah pusat mengizinkan pemerintah daerah impor beras dari beberapa negara tetangga. Namun, upaya itu akan dibatalkan jika harga beras impor lebih tinggi dari beras dalam negeri dan kami memiliki tim yang bertugas mengawasi persediaan beras dan harga yang di jual pedagang," tegasnya.

Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Divre) Riau dan Kepulauan Riau (Kepri) menyatakan siap melakukan operasi pasar jika dibutuhkan demi menstabilkan harga beras di wilayah Provinsi Riau.

"Kami siap melakukan operasi pasar untuk menekan harga beras di pasaran. Tetapi sejauh, ini kami masih menunggu konfirmasi dari pemerintah daerah terkait pelaksanaannya," papar Kepala Bulog Divre Riau Kepri Faruq Octobri Qomary.

Dia mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah mendapat informasi dari pusat atau Bulog Republik Indonesia dan kementerian terkait tentang instruksi untuk pelaksanaan operasi pasar, sehinggga Bulog Divre Riau dan Kepri sudah siap kapan saja dilakukkan.

Sebelumnya Bulog Divre Riau dan Kepri sudah terlebih dulu melaksanakan upaya menstabilkan harga beras di pasaran melalui "Bulogmart" yang dilakukan di depan kantor institusi tersebut.

"Seperti "Bulogmart" yang dilakukan di depan kantor kami setiap hari. Selain itu, kami juga melaksanakan di beberapa pasar seperi pasar kaget untuk meredam terjadinya lonjakan harga kebutuhan pokok seperti beras dan gula pasir," katanya.