Ratusan Warga Iringi Pemakaman Jenazah Tokoh Riau

id ratusan warga, iringi pemakaman, jenazah tokoh riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ratusan warga mengiringi pemberangkatan dan pemakaman jenazah tokoh Riau Tenas Effendi ke Tempat Pemakaman Umum Jalan Pasir Putih, Pekanbaru, tidak jauh dari rumah almarhum, Sabtu siang.

Sebelumnya jenazah disholatkan di masjid setempat, seusai waktu ibadah Dzuhur. Ruang masjid yang cukup besar tampak tidak mampu menampung ratusan warga yang turut serta menyolatkan jenazah Tenas Effendi, yang meninggal di RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Sabtu dini hari.

Pengurus masjid harus menyiapkan tikar dan alas seadanya untuk bisa menampung para jamaah yang turut menyolatlannya. Dari sekitar lokasi masjid, juga tampak satu unit mobil patroli melakukan pengawalan.

Awalnya warga telah menyiapkan satu unit ambulans untuk membawa jenazah ke pemakaman, namun imam masjid mengatakan bahwa warga tidak ingin jenazah dibawa ke TPU menggunakan ambulans.

"Dikarenakan warga ingin sekali mengiringi almarhum langsung ke TPU, maka jenazah ditandu tanpa menggunakan ambulans," kata imam masjid menggunakan pengeras suara.

Dari lokasi sekitar rumah almarhum juga tampak puluhan polisi melakukan pengamanan dan mengatur lalu lintas. Tampak pula sejumlah pejabat daerah seperti Herman Abdullah dan Tengku Azmun Jaafar turut mengiringi almarhum ke lokasi pemakaman.

Salah seorang pelayat yang turut hadir ke pemakaman, Fariz mengatakan dirinya mengenal almarhum sebagai sosok yang ramah dan baik.

"Beliau selalu ramah kepada warga sekitar, petuah petuah beliau yang selalu saya ingat," ujar Fariz.

Sebelumnya diberitakan Tennas Efendi meninggal dunia pada Sabtu pukul 00.30 WIB di Rumah Sakit Arifin Achmad Pekanbaru setelah kondisi kesehatannya terus memburuk dalam beberapa hari terakhir.

Almarhum sebelumnya juga sempat dirawat di Rumah Sakit Putra Medical Center, Malaysia, namun dikarenakan kondisinya terus memburuk, kemudian dibawa pulang ke Pekanbaru dan dirawat di RS Arifin Achmad sebelum akhirnya mengembuskan nafas terakhirnya di sana.

Tenas Effendy lahir di Kuala Panduk, Pelalawan 9 November 1936 dikenal sebagai budayawan dan sastrawan Riau.