Menteri: Hujan Buatan Riau Segera Dimulai

id menteri hujan, buatan riau, segera dimulai

Menteri: Hujan Buatan Riau Segera Dimulai

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan operasi modifikasi cuaca untuk hujan buatan dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau akan mulai dilaksanakan pada Senin, 2 Maret 2015.

"Laporan dari Pak Raffles Direktur Kebakaran Hutan Kemen LHK, pada hari Senin direncanakan akan mulai hujan buatan dari BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)," kata Siti Nurbaya ketika dihubungi Antara dari Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan dalam kunjungannya ke Riau pada pertengahan Februari lalu dirinya sudah melihat langsung kondisi kebakaran di lapangan yang sulit dijangkau dan adanya upaya pembukaan lahan dengan membakar masih terus terjadi.

Hal ini membuat potensi kebakaran di daerah itu masih sangat tinggi. Karena itu, pemerintah juga langsung menetapkan status "Siaga Darurat Kebakaran" untuk Riau yang harapannya agar semua pihak meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan agar kondisi tidak makin parah seperti 2013 dan 2014.

"Kita sudah antisipasi dan minta kepada semua pihak waspada dan tangkap langsung yang ketahuan (membakar) di lapangan," tegasnya.

Selain itu, ia juga meminta agar komunikasi jajarannya di lapangan dengan pihak swasta terdekat dan pimpinan daerah terus diintensifkan. "Saya masih monitor terus," kata Siti Nurbaya.

Berdasarkan data Posko Siaga Darurat Kebakaran Riau, kebakaran sejak Januari hingga kini luasnya sudah lebih dari 379 hektare (ha). Kebakaran paling luas di Kabupaten Bengkalis, bagian utara Riau, diantaranya terjadi di Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Bukit-Batu dan Pulau Rupat.