Mensos Tinjau Desa Tertinggal Kepulauan Meranti

id mensos tinjau, desa tertinggal, kepulauan meranti

Mensos Tinjau Desa Tertinggal Kepulauan Meranti

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa berencana meninjau langsung kehidupan masyarakat di desa tertinggal di Desa Sesap, Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau pada 6 Maret 2015.

"Ini akan menjadi kunjungan Menteri Sosial pertama ke desa tertinggal di Meranti," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Iqaruddin melalui pernyataan pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan kunjungan Mensos di Desa Sesap merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menteri di Kabupaten Kepulauan Meranti yang dimulai dengan membuka Rapat Koordinasi Sosialisasi Pendistribusian Beras Miskin. Pemerintah setempat kini terus melakukan persiapan terkait dengan kedatangan Khofifah di daerah pesisir Riau itu.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretaris Daerah Pemkab Meranti Agusyanto mengatakan Mensos tertarik untuk melihat kehidupan masyarakat desa tertinggal di Meranti dan lokasi yang dipilih adalah Desa Sesap di Kecamatan Tebing Tinggi.

"Permintaan Menteri Sosial ingin mengunjungi komunitas adat tertinggal sekaligus perkembangan Program Keluarga Harapan di Kabupaten Meranti," ujar Agus.

Program Keluarga Harapan (PKH) Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) merupakan program Kementerian Sosial yang dimulai awal 2014.

Berkat koordinasi aktif Bupati Meranti Irwan Nasir, kabupaten itu menjadi salah satu daerah yang mendapat sasaran program tersebut.

Program itu mulai membuahkan hasil karena pada 2014 Meranti mendapat alokasi bantuan untuk 8.915 Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di 17 kecamatan dengan total bantuan Rp430.597.200.

Bahkan, Menteri Khofifah kembali menyerahkan bantuan kepada Meranti sebesar Rp2.813.455.000 beberapa waktu lalu karena dinilai berhasil menekan angka penduduk miskin.

Menurut Agus, keberhasilan penerapan program yang digagas Kemensos itu mendasari Khofifah ingin mengunjungi kabupaten termuda di Riau itu.

Dari informasi protokol Kementerian Sosial, Menteri Khofifah akan berangkat dari Jakarta pada Kamis (5/3) sore menuju Kota Pekanbaru untuk bermalam di Hotel Aryaduta, Pekanbaru.

Keesokan harinya, Mensos beserta rombongan menggunakan bus menuju Pelabuhan Buton, Kabupaten Siak dan akan diseberangkan menggunakan kapal boat Pemda Meranti menuju Kota Selatpanjang, Ibu Kota Kepulauan Meranti.

Selanjutnya, Mensos akan membuka Rakor Sosialisasi Pendistribusian Raskin di Selatpanjang, yang dilanjutkan dengan kunjungan ke komunitas adat tertinggal di Desa Sesap, Kecamatan Tebing Tinggi.

Di lokasi itu, Menteri Khofifah akan mengikuti berbagai rangkaian kegiatan, seperti penyerahan raskin secara simbolis kepada perwakilan RTM, bertemu tokoh dan berdialog langsung dengan masyarakat adat tertinggal terkait dengan berbagai hal dalam upaya pengentasan kemiskinan di "Negeri Sagu" itu.

"Jadi Mensos direncanakan menuju Meranti dengan jalan darat dan menggunakan kapal," katanya.