Anggaran Penyelenggara Pilkada Di Riau Rp190 Miliar

id anggaran penyelenggara, pilkada di, riau rp190 miliar

Anggaran Penyelenggara Pilkada Di Riau Rp190 Miliar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau menyatakan anggaran untuk penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Riau mencapai Rp190 miliar.

"Dari sembilan Kabupaten Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak, Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang menganggarkan terbesar yaitu Rp33 miliar," kata Anggota KPU Riau Bidang Hukum, Ilham di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan, Kota Dumai menganggarkan Rp20 miliar, Kabupaten Indra Giri Hulu dan Kabupaten Meranti masing masing Rp17 miliar.

Namun ia mengatakan, angka tersebut kemungkinan besar berkurang mengingat anggaran itu disampaikan sebelum Undang Undang Nomor 1 tahun 2015 diterapkan pada 17 Februari 2015.

"Anggaran yang dianggarkan Bengkalis, Dumai, Meranti dan Inhu kemungkinan berkurang karena ke empat daerah tersebut menganggarkan dengan asumsi dua putaran," lanjut Ilham.

Ia mengatakan, empat daerah tersebut mungkin hanya membutuhkan 60 persen dari anggaran awal yang disebutkan, dan kelebihan anggaran dalam pelaksanaan Pilkada akan dikembalikan ke Daerah.

Sementara itu untuk lima daerah lainnya juga telah membuat perencanaan sementara anggaran Pilkada pada Rapim yang digelar beberapa waktu lalu.

Kabupaten Rokan Hulu menjadi daerah dengan anggaran terbesar mencapai Rp23 miliar, dilanjutkan dengan Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Pelalawan masing masing sebesar Rp20 miliar.

"Dan yang terkecil adalah Kabupaten Kuantan Singingi yang menganggarkan Rp17 miliar," ujarnya.