PKS Riau Bangun Komunikasi Persiapan Pilkada Serentak

id pks riau, bangun komunikasi, persiapan pilkada serentak

PKS Riau Bangun Komunikasi Persiapan Pilkada Serentak

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sudah menjalin komunikasi dengan kader maupun kandidat yang akan bertarung sebagai persiapan menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Desember 2015.

"Kandidat dan partai sudah menjalin komunikasi dan diperkirakan dalam dua bulan sudah selesai," kata Sekretaris Jenderal DPW PKS Riau, Suroyo di Pekanbaru, Selasa.

Dia menjelaskan, komunikasi tersebut bukan berarti partainya yang mengajukan nama bakal calon atau bakal wakil calon bupati/wali kota. "Melainkan dalam posisi PKS sebagai mesin politik untuk terlibat dalam koalisi mengusung calon pada pilkada," katanya.

Jika menghitung jumlah kursi yang ada di DPRD sembilan kabupaten/kota itu, PKS hanya berpotensi bisa menjadi calon hanya di dua daerah. Itupun hanya untuk posisi wakil di Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis.

"Bukannya pesimis tapi rasional, daripada dipaksakan. Karena untuk posisi tawar kita dengan partai lain kurang. Bahkan di Kuansing kita tidak ada kursi satupun," ungkapnya.

Meskipun begitu, menurut dia, berpartisipasi dalam pilkada tidak harus dari calon. Partai akan membangun koalisi dan berusaha untuk pasangan calon yang telah ditetapkan untuk diusung.

Karena itu, PKS meskipun kecil tetap akan menyusun faktor kemenangan. Ditargetkan, lanjut dia, pasangan yang diusung PKS harus menang 100 persen.

Pilkada lalu dari 12 kabupaten/kota di Riau kita menangan di sembilan daerah, tahun ini tentu harus menang 100 persen," katanya.