PPDI Dumai Gagas Bentuk Unit Donor Perusahaan

id , ppdi dumai, gagas bentuk, unit donor perusahaan

  PPDI Dumai Gagas Bentuk Unit Donor Perusahaan

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Perhimpunan Donor Darah Indonesia (PDDI) Kota Dumai Riau merencanakan membentuk unit di semua perusahaan di daerah itu untuk membantu Palang Merah Indonesia (PMI) setempat memenuhi stok darah.

"Kita akan merangkul semua perusahaan untuk membentuk perhimpunan donor darah supaya pekerja menjadi pendonor rutin," kata Wakil Ketua PPDI Dumai Tengku Ismet kepada pers, Rabu.

Dia menjelaskan, dengan ada unit PPDI ini maka diharapkan ada wadah bagi pekerja yang berniat mendonorkan darah sehingga dapat direalisasikan dengan optimal.

Selain itu, juga bisa menjangkau keinginan setiap pekerja yang ingin menjadi pendonor rutin karena sesungguhnya bagus bagi kesehatan sekaligus demi kemanusiaan.

"Pekerja di perusahaan yang sebelumnya terkendala untuk mendonorkan darah karena aktivitas kini disediakan wadah dengan dibentuknya unit penghimpunan di lingkungan kerja," terangnya.

Terkait rencana ini, lanjut dia, pihaknya akan segera menyelenggarakan sosialisasi ke semua perusahaan yang beroperasi di Dumai dan berharap mendapat respon baik.

Selanjutnya, PPDI akan mencatat identitas pendonor darah yang nantinya akan dimasukkan ke dalam database agar memudahkan pendataan dan penggolongan darah.

"Pengumpulan darah di unit PPDI perusahaan ini akan memudahkan PMI untuk mendapatkan darah medis bagi kepentingan masyarakat yang membutuhkan," terangnya.

Menurut dia, semakin banyak yang mendonorkan darah maka diyakini bisa menjamin persediaan dan tidak kuatir lagi dengan kondisi kekurangan stok, sehingga dapat membantu orang yang membutuhkan.

Sementara, Ketua PMI Dumai Said Mustafa menyebutkan, program kerja akan memprioritaskan pengumpulan stok darah yang hingga kini masih menjadi persoalan klasik.

Sejauh ini berbagai upaya pengumpulan stok darah telah dilakukan tapi tetap masih mengalami kekurangan, sehingga selain mengharapkan kegiatan amal berbagai pihak, juga intens mengajak partisipasi para sukarelawan untuk rutin mendonorkan darah.

"Untuk meningkatkan stok darah maka perlu ada kerja sama dengan semua pihak lebih intensif lagi demi kepentingan penyediaan darah bagi keperluan medis masyarakat," sebutnya.