Gerinda Riau Belum Tetapkan Target Dalam Pilkada

id gerinda riau, belum tetapkan, target dalam pilkada

Gerinda Riau Belum Tetapkan Target Dalam Pilkada

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Riau sampai saat ini belum menetapkan target dan strategi dalam menyongsong pemilihan kepala daerah (pilkada) di sembilan kabupaten dan kota di provinsi setempat karena harus menunggu rapat nasional.

"Untuk menentukan tiket pilkada, kami akan berkumpul dulu di Jakarta untuk menyamakan persepsi. Setelah itu baru target diputuskan," kata Ketua DPD Gerindra Riau, Marwan Yohanes di Pekanbaru, Rabu.

Menurut dia, penyamaan persepsi tersebut berkaitan dengan kriteria bakal calon yang akan didukung.

Ditegaskannya, sebelum mengambil keputusan berpartisipasi harus dikaji dulu secara seksama.

Untuk sembilan daerah di Riau, menurut dia, ada tiga atau empat kabupaten dan kota yang jumlah kursi gerindra mencukupi untuk mengusung calon. Namun segala hal harus dipertimbangkan terlebih dahulu.

Dia mengatakan, bisa saja Gerindra nantinya bakal mendukung calon lain baik itu petahana atau pun calon baru. Selama itu, sesuai dengan visi partai, yaitu memperjuangkan rakyat tentu akan didukung.

Selain itu, lanjut dia, bisa saja jumlah kursi banyak, tapi calon yang ada tidak memiliki ketokohan. Kemudian sebaliknya, bisa juga jumlah kursi sedikit tapi punya tokoh yang dinilai mampu bersaing, juga akan diperjuangkan.

"Jadi dukungan itu bisa diberikan dengan kriteria berbeda karena kita harus rasional. Apalagi ada faktor lain, yakni finansial, itu juga harus diperhitungkan," ujarnya.

Meskipun belum diputuskan, namun komnikasi baik secara internal atau pun dengan partai lain sudah dilakukan. Terutama ada daerah yang memiliki banyak kursi seperi Kabupaten Pelalawan, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan Bengkalis.

Provinsi Riau akan digelar pilkada serentak di sembilan kabupaten dan kota pada Desember 2015. Di antaranya Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi dan Kota Dumai.