Pemkot Pekanbaru Segera Perbaiki Bus TMP Rusak

id pemkot pekanbaru, segera perbaiki, bus tmp rusak

Pemkot Pekanbaru Segera Perbaiki Bus TMP Rusak



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, Riau, segera memperbaiki 20 unit Bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang rusak dan terparkir hampir setahun di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS).

"Proses lelang perbaikan segera dilakukan setelah dana dari APBD 2015 bisa digunakan," kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pekanbaru, Syafril di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengaku Pemkot Pekanbaru pada tahun 2015 sudah menganggarkan dana Rp1,3 miliar dalam APBD tahun 2015. Dana itu akan digunakan untuk perbaikan mesin, pengecatan bodi bus, hingga melengkapi peralatan yang hilang dan rusak di sarana angkutan massal itu.

Dengan perbaikan itu diharapkan bus bisa kembali bagus dan layak digunakan sebagai alat transportasi untuk memperkuat Sistem Angkutan Umum Massal (SAUM) di Pekanbaru.

"Kami akan buka lelang pengadaan tidak lama lagi," katanya.

Syafril memperkirakan dalam waktu empat bulan proses lelang dan perbaikan sudah bisa diselesaikan.

"Pada ulang tahun Pekanbaru Juni nanti, kami targetkan 20 unit bus ini sudah bisa beroperasi lagi," katanya.

Dia mengaku kini kondisi 20 unit bus tersebut rusak karena terkena panas langsung matahari dan hujan sejak 2014. Hal itu akibat belum ada kejelasan hibah bus itu hingga akhir tahun 2014 dari Kemenhub.

"Jadi bus ini sudah tidak beroperasi sejak setahun lalu. Belum bisa diperbaiki karena kendala administrasi hibah," kata dia.

Berbicara adanya pembiaran terhadap bus sehingga tidak terawat, dia mengaku tidak bisa berbuat banyak, apalagi melakukan perbaikan.

"Kami takut melanggar aturan, semua ada prosedurnya, tidak bisa sembarangan meskipun tujuannya baik, nanti bisa disalahkan," katanya.

Berdasarkan pengamatan di lokasi terparkirnya 20 unit bus TMP berukuran besar itu, terlihat kondisinya memprihatinkan.

Tempat parkir Bus TMP yang merupakan bantuan dari Kemenhub yang kini teronggok itu ditumbuhi rumput ilalang setinggi lutut orang dewasa. Di sana-sini fisik bus mulai berkarat dan cat terkelupas.

Bahkan ada beberapa roda bus, lampu, AC, kursi dan kaca spion yang sudah hilang.