Minamas Plantation Bina Empat Desa Cegah Kebakaran Lahan

id minamas plantation, bina empat, desa cegah, kebakaran lahan

Minamas Plantation Bina Empat Desa Cegah Kebakaran Lahan

Pekanbaru, 5/3 (Antara) - Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit, PT Bhumireksa Nusa Sejati (BNS) dari Grup Minamas Plantation membina empat desa di Kabupaten Indragiri Hilir, Riau dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan bekerjasama dengan Universitas Riau.

"Mencegah karhutla berbasis desa keuntungannya bukan saja untuk perusahaan, tapi juga untuk warga yang tinggal agar peduli menjaga lingkungan alam. Inilah salah satu program dari program lainnya yaitu menciptakan masyarakat peduli lingkungan," kata Presiden Direktur Minamas Plantation, Mohd Ghozali Yahaya di Pekanbaru, Kamis.

Keempat desa tersebut adalah Desa Teluk Bunian, Desa Pelangiran, Desa Penjuru, dan Desa Kateman.Hal itu disampaikannya saat penandatanganan kerjasama dengan UR yang disertai diskusi panel dengan tema antisipasi kebakaran lahan di musim kemarau panjang 2015.

PT BNS, lanjut dia, dengan UR berkolaborasi melaksanakan pelatihan terhadap empat desa itu secara langsung di areal konsesi perusahaan. UR akan berbagi pengetahuan dan keahlian yang memanfaatkan sumber daya pelatih dn pendidiknya.

"Sementara PT NBS akan berbagi pengalaman dalam menjalankan praktek berkelanjutan terbaik dalam pengelolaan pertanian, sebagaimana PT NBS sudah memiliki sertifikat internasional "Roundtable Sustainability Palm Oil" (RSPO)," ucapnya.

Salah satu fokus kerjasama ini, kata dia, adalah penguatan upaya mengurangi faktor manusia sebagai penyebab kebakaran melalui pemberdayaan masyarakat. Hal tersebut dilakukan dengan memfasilitasi langsung regu pemadam kebakaran perusahaan dan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang dibentuk pemerintah setempat.

"Selama ini sudah sibuk memadamkan api kalau terjadi kebakaran di areal gambut, dapat dioptimalkan dengan penguatan kapasitasnya," imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, juga hadir beberapa camat dan Kepala Desa dari Wilayah terkait. Bahkan beberapa orang MPA juga turut hadir.