RSUD Pekanbaru Rampung 2016

id rsud pekanbaru, rampung 2016

RSUD Pekanbaru Rampung 2016

Pekanbaru, (Antarariau.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru menargetkan pembangungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) kota akan rampung di akhir tahun 2016.

Pejabat Pelayanan Masyarakat Dinas Kesehatan Pekanbaru, Rahmat menyatakan bahwa rumah sakit kota mulai di bangun akhir tahun 2014 dan diusahakan selesai akhir tahun 2016 bila tidak ada kendala.

Ia menungkapkan, Pemerintah Provinsi (PemProv) memiliki 2 rumah sakit umum yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad tipe B dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi Tipe C.

“Rumah sakit tipe B adalah rumah sakit yang memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan kedokteran spesialis yaitu penyakit dalam, kesehatan anak, kebidanan dan kandongan, bedah, anesthesi, THT, kulit dan kelamin, radiologi, pathologi klinik, psikiatri, neurologi, mata, kardiologi, bedah disgetif, tipe ini menampung pelayanan rujukan di rumah sakit kabupaten,” jelasnya.

“Rumah sakit tipe C adalah rumah sakit yang memiliki fasilitas dan kemampuan pelayanan medis yang meliputi spesialis penyakit dalam, kesehatan anak, kebidanan dan kandungan serta bedah yang menampung pelayanan rujukan Puskesmas,” sambungnya.

Ia mengatakan, jika Puskesmas memiliki keterbatasan peralatan medis, maka pasien dapat dirujuk ke rumah sakit kota.

“Dinas Kesehatan Pekanbaru mulai mempersiapkan peralatan-peralatan medis yang dibutuhkan dan menyiapkan tim medis serta jasa pelayanan yang akan bertugas,” ujarnya.

Ia mengharapkan, pembangunan rumah sakit kota dapat dijadkan sarana dalam memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat.

“Kami mengupayakan rumah sakit Kota Pekanbaru yang dibangun setara dengan rumah sakit umum Pemerintah Provinsi,” katanya.