280.196 Peserta BPJS Kesehatan Asal Perusahan Riau

id 280196 peserta, bpjs kesehatan, asal perusahan riau

280.196 Peserta BPJS Kesehatan Asal Perusahan Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan Nasional (BPJS) Kesehatan Divre II Sumbagteng, merekap perusahaan swasta besar dan menengah di Provinsi Riau sudah mendaftarkan sebanyak 280.196 karyawan mereka sebagai peserta BPJS Kesehatan.

"Sebanyak 280.196 itu berasal dari 886 unit perusahaan di luar peserta eks Jamsostek," kata Suheri, Kadep. Pemasaran dan Kepesertaan BPJS Kesehatan Divre II Sumbagteng, dalam keterangannya, di Pekanbaru, Jumat.

Menurut Suheri, pendaftaran karyawan oleh perusahaan sebagai amanat dari UU No. 111 tahun 2013 yang mengisyaratkan semua perusahaan wajib mendaftarkan karyawan mereka seluruhnya ke BPJS Kesehatan setempat.

UU tersebut, katanya, memberikan batas waktu terhitung mulai 1 Januari 2015, sementara itu peserta eks Jamostek sudah otomatis menjadi peserta BPJS Kesehatan.

"Kami mengimbau kiranya perusahaan yang belum bergabung atau mendaftarkan karyawan mereka ke dalam BPJS Kesehatan segera mendaftarkan seluruh karyawan mereka,"katanya dan menambahkan bahwa hal ini penting dalam kelansungan pengelolaan jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Sedangkan jaminan pemeliharaan kesehatan masyarakat ini menganut sistim asuransi maka peningkatan jumlah peserta akan menambah kesiapan dari BPJS Kesehatan sendiri.

Semakin banyak peserta, katanya lagi, maka makin kuat sistim pembiayaan BPJS Kesehatan yang dilaksanakan melalui sistim asuransi dengan sifat gotong royong itu.

"Oleh karena itu untuk mencapai target ditetapkan agar semua perusahaan di Riau khususnya, dan wilayah Divre II Sumbagteng meningkatkan kepesertaan dari karyawan perusahaan, maka kantor cabang terus meningkatkan sosialisasi kepada badan usaha atau perusahaan kecil, menengah dan besar,"katanya.

Sosialisasi bisa dilakukan melalui pengiriman surat ke badan usaha yang belum mendaftarkan karyawan mereka atau BPJS Kesehatan berkunjung langsung ke perusahaan-perusahaan tersebut. Bentuk sosialisasi lainnya adalah melalui acara "media gathering" BPJS Kesehatan dan lainnya.