Traktor Tangan Untuk Poktan Kuansing

id traktor, tangan untuk, poktan kuansing

 Traktor Tangan Untuk Poktan Kuansing

Kuantan Singingi, (Antarariau.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menyerahkan bantuan traktor tangan untuk tujuh kelompok tani (Poktan) yang ada di tujuh kecamatan.

"Penyerahan itu dalam rangka menyukseskan program pemerintah mencapai swasembada beras di daerah, sekaligus meningkatkan ekonomi masyarakat," kata Sekretaris Pemerintah Daerah Kuantan Singingi (Kuansing) Muharman di Teluk Kuantan, Selasa.

Ia mengatakan, dengan diserahkannya sejumlah traktor tangan diharapkan mampu dimanfaatkan oleh kelompok tani dengan baik karena ini merupakan kebutuhan warga yang selama ini diusulkan oleh instansi terkait.

Traktor tangan ini harus dijaga dengan baik pinta Muharman, karena jika dipelihara dan digunakan semestinya tentu apa yang menjadi target bisa direalisasikan, bahkan traktor yang dibagikan tahun 2015 adalah bagian dari jumlah yang diminta.

"Semua mesti berbangga hati atas bantuan pemerintah ini," sebutnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Kuansing Maisir mengatakan, tujuh Poktan yang menerima bantuan traktor tersebut terdiri atas desa Pebaun Hilir kecamatan Kuantan Mudik, desa Koto Gunung kecamatan Gunung Toar.

Selain itu juga desa Koto Kari Kuantan Tengah, desa Koto Sentajo Sentajo Raya, desa Kepala Pulau Kuantan Hilir, desa Lumbok dan Seberang dan desa Koto Cerenti kecamatan Cerenti.

Menurut Maisir, traktor tangan tersebut berasal dari dana APBN khususnya dari Kementerian Pertanian yang diterima oleh pemerintah daerah beberapa waktu lalu secara serentak di Riau.

"Kami mengusulkan bantuan traktor tidak hanya ke pusat namun juga ke provinsi," ujarnya.

Dijelaskan Maisir, dengan bantuan traktor tersebut diharapkan para petani yang tergabung dalam ketujuh Poktan tersebut dapat memanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan produktivitas sektor pertanian khususnya tanaman padi guna meningkatkan swasembada beras di Kuansing.

"Peralatan lainnya seperti mesin pemotong padi sangat dibutuhkan untuk mempercepat kemajuan sektor pertanian tanaman pangan," ucapnya.