Inhu Peringkat Dua "E-Goverment" Di Riau

id inhu peringkat, dua e-goverment, di riau

Inhu Peringkat Dua "E-Goverment" Di Riau

Rengat, Riau, (Antarariau.com) - Kabupaten Indragiri Hulu meraih peringkat kedua di Provinsi Riau dalam program pelaksanaan pembangunan berbasis internet atau "e-Government" tahun 2014.

"Peringkat ini naik dari tahun sebelumnya yang hanya menempati posisi terakhir di tahun 2012. Ini adalah prestasi dan bukti semakin tingginya kinerja pemerintah daerah," kata Kepala Bidang Informatika Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Indragiri Hulu, Roma Doris, di Rengat, Rabu.

Ia menjelaskan, presitasi itu diraih dari hasil penilaian tim terpadu se-Riau. Kemudian, ia mengatakan Indragiri Hulu juga meraih juara dalam "PeGi" tingkat kabupaten/kota se-Provinsi Riau tahun 2014, berdasarkan penilaian Direktorat "e-Goverment" Ditjen Aptika Kemkominfo. Ia menilai, keberhasilan ini membuktikan bahwa Inhu sangat serius menerapkan e-Government dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Berdasarkan hasil penilaian yang di rilis Direktorat e-Government Ditjen Aptika Kemkominfo di laman web resmi instansi tersebut, Kabupaten Inhu melejit dengan menempati posisi kedua PeGi tahun 2014 dan yang menarik adalah penilaian ini dilaksanakan tiap dua tahun sekali.

"PeGI merupakan kegiatan nasional yang setiap tahun selalu diukur dalam indikator capaian serta benefitnya terkait pengembangan e-Government secara nasional," sebutnya.

Dengan kegiatan PeGI ini, Indonesia mempunyai peta kondisi keadaan pemanfaatakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan pemerintah secara nasional, PeGi juga memberikan dorongan serta menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah.

"Atas dasar itulah, Pemkab Inhu serius dalam menerapkan e-Government dengan memanfaatkan penggunaan TIK dalam melaksanakan tugas disetiap instansi pemerintah," katanya.

Pemkab Indragiri Hulu akan terus berbenah diri melayani masyarakat dengan sistim lebih efisien dan dapat memperpendek proses birokrasi yang berbelit-belit dalam rangka percepatan reformasi birokrasi.

Program yang tepat dengan kebijakan salah satu nya adalah dengan mengusulkan Ranperda e-Government ke DPRD, Ranperda tersebut dimaksudkan untuk dapat mengoptimalkan penggunaan TIK dalam rangka peningkatan pelayanan publik dan proses pemerintahan yang nantinya akan meningkatkan efisiensi, efektifitas, transparansi dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.

" Posisi Kabupaten Inhu yang berada di peringkat kedua hanya terpaut 0,3 point dari peringkat pertama yang diduduki Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang memang memiliki infrastruktur TIK lebih baik," ujarnya.

TIK Inhu saat ini masih terkendala dengan infrastruktur, terutama untuk infrastruktur jaringan, kemajuan pesat Pemkab Inhu pada Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGi) ini perlu diapresiasi dan diharapkan menjadi landasan untuk menyukseskan penerapan e-Governtment.