Aktivis Buruh Siap Maju Pilkada Dumai

id aktivis buruh, siap maju, pilkada dumai

Aktivis Buruh Siap Maju Pilkada Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Ketua Serikat Buruh Seluruh Indonesia Kota Dumai, Hasrizal, mengaku siap maju dalam kancah perpolitikan lokal dalam Pemilihan Kepala Daerah pada Desember 2015.

Hasrizal di Dumai, Senin, mengatakan dirinya siap lahir-batin jadi bakal calon wakil wali kota mendampingi kader PAN, Abdul Kasim yang diunggulkan sebagai calon wali kota.

Dalam sebuah deklarasi meriah yang dihadiri ratusan buruh yang berhimpun di SBSI Dumai dan sejumlah tokoh masyarakat dan pengurus partai politik, Hasrizal mengutarakan niatanya itu.

"Kalau buruh sudah berkata, maka harus maju dan tidak ada istilah mundur. Karena itu, saya deklarasikan diri siap jadi calon wakil walikota mendampingi kader PAN dalam pemilu kepala daerah mendatang," ungkapnya.

Ia menyampaikan, hasrat untuk maju sebagai wakil walikota ini karena melihat masih banyak persoalan di dunia buruh Kota Dumai yang harus diselesaikan untuk mengangkat taraf hidup sejahtera dan makmur.

Selain itu, ingin membentuk instansi pemerintah, yaitu Dinas Tenaga Kerja yang fokus mengurusi masalah perburuhan dan sektor terkait agar mendapat perhatian serius serta hubungan kerja kondusif.

"Upah minimum Dumai pernah menjadi tertinggi di Riau, dan itu tidak terlepas dari peran serikat buruh, karena itu kita akan terus mengupayakan pekerja mendapat upah yang layak hidup," ungkapnya.

Perhatian dirinya juga akan memprioritaskan kehidupan keluarga buruh, yakni memberikan pendidikan yang layak dan wajib belajar bagi anak serta jaminan keselamatan kesehatan dari perusahaan tempat bekerja.

Ia berujar, jika buruh yang terhimpun di SBSI Dumai berjumlah sekitar 5.000 orang solid dan bulat komitmen mendukung pasangan kepala daerah ini, maka tidak mustahil bisa memenangkan pemilihan walikota dan wakil walikota periode lima tahun kedepan, yaitu 2015-2020 mendatang.

"Berbagai persoalan buruh dan dinamika kehidupan akan menjadi perhatian serius kami nantinya, karena itu terus diperjuangkan sejak dulu, termasuk sektor prioritas lain yang juga menjadi urusan pemerintah daerah," katanya.

Jelang pelaksanaan Pilkada Desember 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dumai terus tingkatkan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, diantaranya kepolisian setempat mengenai kesiapan pengamanan dan potensi pemilih bersama Dinas Kependudukan.

"Sistem pengamanan secara umum merupakan satu hal penting yang harus disiapkan sebaik mungkin, karena itu kita mulai melakukan pembahasan bersama dengan pihak kepolisian," sebutnya kepada pers belum lama ini.