Dinas Pendidikan Riau Distribusikan 73.444 Soal UN

id dinas pendidikan, riau distribusikan, 73444 soal un

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Provinsi Riau akan mendistribusikan naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA, MA dan SMK tahun 2015 sebanyak 73.444 lembar ke kabupaten dan kota di daerah itu.

"Naskah soal UN sebanyak 73.444 yang didistribusikan tersebut berasal dari soal-soal yang sudah digandakan," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dwi Agus Sumarno kepada wartawan di Pekanbaru, Selasa

Menurut dia, penggandaan naskah UN SMA, MA dan SMK sudah rampung pada 23 Maret 2015, dan sesuai jadwal pendistribusian dilakukan secara serentak dan untuk selanjutnya pendistribusian dilakukan hingga ke kecamatan.

Penggandaan naskah soal UN tersebut sudah dicek dan tidak ditemui soal yang kabur. Artinya, naskah soal sudah siap untuk didistribusikan.

"Dijadwalkan pada 29-31 Maret 2015 naskah soal UN yang sudah digandakan tersebut didistribusikan. Seluruh persiapan sudah dimatangkan," katanya.

Ia menjelaskan bahwa penggandaan naskah UN dilakukan sesuai dengan jumlah peserta ujian tahun 2015 atau sesuai dengan Data Nomimal Tetap (DNT) siswa SMA,MA, SMK UN 2015 di Riau sebanyak 73.444 orang yang terdiri atas 50.397 siswa SMA, Madrasah Aliyah (MA) dan 23.047 siswa SMK.

Dwi mengatakan, sesuai Petunjuk Teknis (Juknis) UN 2015, nilai UN kini bukan penentu seorang siswa lulus atau tidak, akan tetapi nilai UN tersebut berguna sebagai penentu masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Untuk itu, pihak sekolah berwenang penuh menentukan siswanya lulus atau tidak, atau hal ini berdasarkan nilai sekolah setiap siswa.

"Nilai kelulusan siswa tersebut harus di atas batas rata-rata yakni 55, artinya, bila siswa itu nilai rata-ratanya di bawah 55 maka dianggap tidak lulus. Jika nilai rata-rata itu pas diangka 55 maka siswa itu dianggap tak lulus," katanya.

Sedangkan bagi siswa yang tidak lulus tahun ini, Dwi menyarankan sebaiknya mengulang pada tahun 2016 dan jangan mengambil ujian kesetaraan paket C (setara SMA), sebab materi soal dan ijazahnya akan berbeda.

Ia mengimbau siswa peserta UN agar mempersiapkan diri dengan belajar sebaiknya. Jangan percaya terhadap jual beli kunci jawaban. Tetap percaya diri dalam menghadapi UN.

UN SMA, MA, SMK bakal digelar pada 13-14 April 2015, sedangkan pelaksanaannya tetap sama antara ujian manual dan UN online untuk SMA Computer Based Test (CBT).