Ratusan Murid SD Belajar Di DPRD Riau

id ratusan, murid sd, belajar di, dprd riau

 Ratusan Murid SD Belajar Di DPRD Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Ratusan Murid Kelas III dan V SD IT Yayasan Ianatut Talibin Perawang, Kabupaten Siak, mendatangi DPRD Provinsi Riau di Pekanbaru, Rabu, dalam rangka mengaplikasikan materi pelajaran aparatur negara untuk mengenal fungsi lembaga legislatif.

Berdasarkan pantuan Antara, kedatangan ratusan murid itu disambut oleh Sekretaris Komisi E Markarius Anwar, dan anggota dewan Ade Agus Hartanto. Tingkah anak-anak tersebut seringkali membuat anggota dewan tersenyum-senyuma. Apalagi, saat murid-murid tersebut diberikan kesempatan bertanya jawab dengan dua wakil rakyat itu.

Dengan sikap polosnya, sejumlah anak mulai menanyakan beberapa hal, diantaranya kapan gedung DPRD mulai ditempati, siapa Ketua dan Wakil Ketua DPRD Riau, sampai dengan menanyakan gaji anggota dewan.

"Berapa sih, gaji anggota DPRD di Riau, Pak?," tanya seorang murid yang langsung disambut tawa dari dua wakil rakyat tersebut.

Ade Agus Hartanto pun menjawab bahwa gaji anggota DPRD Provinsi Riau adalah sebesar Rp6,5 juta per bulan, namun belum termasuk tunjangan. Murid penanya itu terlihat hanya manggut-manggut, seakan mengerti.

Setelah selesai tanya jawab dan makan bersama, rombongan dibawa berkeliling Gedung DPRD Riau, diantranya ke ruang sidang paripurna, ruang komisi-komisi, dan fraksi.

"Secara estafet sudah tiga triwulan pada tahun pelajaran 2014/2015 memperoleh materi tentang aparatur negara dan sosial budaya Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kedatangan ini merupakan tindaklanjut berupa survey ke lapangan," kata Wakil Kepala Sekolah SD IT, yang juga ketua rombongan, Meri Bakar.

Dengan kedatangan ini, ia berharap murid-murid mendapatkan pengetahuan yang komprehensif dan integral tentang fungsi DPRD. Sebabnya, selama ini murid baru mempelajari sebatas teori di buku pelajaran.

"Tentunya juga agar penegtahuan anak lebih luas dan tahu mau jadi apa nantinya," sebutnya.

Sekretaris Komisi E Markarius Anwar menyampaikan bahwa DPRD bertugas sebagai wakil rakyat. Tiga fungsi pokoknya adalah legislasi, anggaran, dan pengawasan.

"Karena anggota DPRD Riau berjumlah 65 orang, maka terdiri dari lima komisi. Dari Komisi A sampai Komisi E yang mempunyai bidang masing-masing," paparnya.