Asian Agri Tuan Rumah Aksi Sosial K3

id asian agri, tuan rumah, aksi sosial k3

Asian Agri Tuan Rumah Aksi Sosial K3

Pelalawan, Riau, (Antarariau.com) - PT Asian Agri Group menjadi tuan rumah pelaksanaan apel bulan Keselamatan Kesehatan Kerja (K3) di Kabupaten Pelalawan tahun 2015 yang dihadiri ratusan peserta dan merupakan utusan dari 25 perusahaan serta jajaran dinas tenaga kerja setempat.

Lapangan kebun Rantau Baru di Desa Kiyap Jaya, Kecamatan Bandar Seikijang, Pelalawan milik PT Pusakamegah Buminusantara anak usaha Asian Agri dijadikan tempat untuk aksi sosial tersebut dalam era K3 karena apel bulan K3 tahun 2015 dilakukan serentak pada setiap daerah di Indonesia.

"Melalui penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Kesehatan Kerja (SMK3), kita wujudkan Indonesia berbudaya K3 dalam menghadapi perdagangan bebas," ucap Sekertaris Daerah Kabupaten Pelalawan, Tengku Mukhlis mengutip kalimat yang jadi tema kegiatan Apel Bulan K3.

Usai membacakan pidato Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Muhammad Hanif Dhakiri, Mukhlis mengatakan pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana terdapat 11 perusahaan yang dinilai layak oleh Disnakertrans yang diusulkan kepada bupati untuk mendapatkan penghargaan nol kecelakaan kerja.

"Nol kecelakaan kerja tidak langsung diberikan untuk mendapatkan penghargaan pada hari ini. Namun, 11 perusahaan itu menjadi utusan tingkat nasional yang bila memang benar-benar dinilai layak oleh menaker, maka akan langsung diberi penghargaan oleh pak menteri," jelasnya.

Cuaca pada pelaksaan acara itu sangat mendukung dilangsungkannya kegiatan apel Bulan K3 yang diisi dengan donor darah, aksi pesawat aeromodeling dan bertambah semarak saat regu Tim Tanggap Darurat Asian Agri melakukan atraksi simulasi menanggulangi kebakaran pada sebuah rumah.

Tim tanggap darurat dilengkapi dengan alat pemadam api dengan sumber air dari satu unit mobil tangki terlihat sigap. Begitu juga dengan tim medis tidak kalah sigapnya, saat melakukan upaya pertolongan terhadap salah seorang regu tanggap yang mengalami kecelakaan saat berupaya memadamkan api.

Parlindungan Pardosi, Manager kebun PT Pusakamegah Buminusantara mewakili Asian Agri Group menyebut, pihaknya sangat berterima kasih pada Disnakertrans Kabupaten Pelalawan karena untuk tahun ini pemerintah daerah memilih mempercayakan tuan rumah apel bulan K3 yang dihadiri ratusan peserta sebagai utusan perusahaan.

"Kami sebagai ketua panitia kegiatan ini menegaskan, Keselamatan Kesehatan Kerja adalah merupakan suatu sistem dalam kerja yang tidak bisa dianggap sepele. Oleh karena itu, harus mutlak untuk diterapkan disetiap aspek lingkungan kerja," tegasnya.

Dalam acara apel bulan K3 itu, dilaksanakan kegiatan donor darah sebagai bukti peduli kepada sesama dan sejumlah karyawan Asian Agri yang menjadi tamu undangan, rela mengantri untuk menyumbangkan darahnya. (rls)