UN SMA Sederajat Dumai Diikuti 3.727 Peserta

id un sma, sederajat dumai, diikuti 3727 peserta

UN SMA Sederajat Dumai Diikuti 3.727 Peserta

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Dumai, Provinsi Riau menyatakan, pelaksanaan Ujian Nasional 2015 tingkat SMA SMK dan MA sederajat di daerah ini akan diikuti sebanyak 3.728 pelajar.

"Jumlah peserta UN sekolah menengah atas ini berdasarkan data nominal tetap," kata Kepala Disdik Dumai Syaari di Dumai, Jumat.

Dia menyebutkan, peserta ujian nasional ini terdiri dari 1.780 siswa putra dan 1.948 pelajar putri berasal dari 31 sekolah negeri dan swasta di Dumai.

Disdik Dumai, lanjut dia, saat ini terus menggesa kesiapan pelaksanaan UN, baik terkait siswa dan tenaga pengajar, distribusi naskah sesuai jadwal yang telah disusun.

"Dalam waktu dekat kita akan segera menerima distribusi naskah UN dari propinsi dan selanjutnya akan diproses pemilahan untuk disalurkan ke sekolah penyelenggara," jelasnya.

Disamping itu, pusat menunjuk hanya empat sekolah gelar UN sistem online, yaitu SMP Negeri 2, SMK Negeri 1, SMK Erna dan SMK Taruna karena dinilai dari ketersediaan sarana dan fasilitas pendukung yang tersedia serta sejumlah penilaian lain.

Sejauh ini, empat sekolah negeri dan swasta tersebut sudah bersiap menyongsong pelaksanaan UN secara online dengan meningkatkan terobosan dan pembekalan peserta didik.

"Mereka telah memulai kesiapan menyelenggarakan UN online dan semoga tidak ada kendala," ujarnya.

Jelang pelaksanaan UN ini, dia meminta semua sekolah, baik SD, SMP dan SMA agar bersiap dengan melakukan pelajaran tambahan bagi calon peserta.

Kemudian melakukan pendataan peserta, motivasi belajar, terobosan dan pengenalan kisi mata pelajaran UN serta kesiapan lainnya.

"Diharapkan sekolah mempersiapkan diri menghadapi UN ini dengan membekali guru dan peserta didik agar dalam pelaksanaan berjalan lancar serta menghasilkan nilai baik," katanya menerangkan.

Berdasarkan Petunjuk Teknis (Juknis) UN 2015, nilai UN kini bukan lagi penentu kelulusan pelajar, namun berguna untuk penilaian masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan pihak sekolah berwenang penuh menentukan lulus sesuai nilai.