Daftar Tunggu Pelanggan PDAM Malang Capai 10.000

id daftar, tunggu pelanggan, pdam malang, capai 10000

 Daftar Tunggu Pelanggan PDAM Malang Capai 10.000

Malang, (Antarariau.com) - Daftar tunggu calon pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Malang, Jawa Timur, mencapai 8 ribu hingga 10 ribu pada 2015 yang tersebar di empat kecamatan yakni Tumpang, Tajinan, Jabung, dan Pakis.

Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang Syamsul Hadi di Malang, Senin, mengatakan daftar tunggu calon pelanggan tersebut hanya rumah tangga yang akan dialiri aliran air PDAM dari sumber air Sumberpitu Kecamatan Tumpang.

Saat ini Sumberpitu masih dalam proses penggarapan untuk membenahi jaringan irigasi petani yang selama ini memanfaatkan sumber ait tersebut.

"Sebenarnya pembangunan Sumberpitu untuk mengaliri pelanggan PDAM tersebut sudah selesai dan tinggal mengoperasikan saja, namun karena harus menunggu perbaikan jaringan irigasi selesai, Sumberpitu baru bisa dioperasikan mengaliri pelanggan PDAM pada tahun 2016," katanya.

Ia mengemukakan PDAM tidak mempermasalahkan jika pembenahan jaringan irigasi petani tidak bisa selesai tahun ini, sehingga berpengaruh terhadap rencana pengoperasionalan aliran air bersih PDAM ke pelanggan. "Kita tunggu sampai jaringan irigasinya selesai agar petani pun juga tetap bisa memanfaatkan Sumberpitu untuk mengaliri sawahnya," kata Syamsul.

Sebelumnya, proyek pemanfaatan Sumberpitu untuk PDAM ditentang petani dari 11 desa yang ada di Kecamatan Tumpang dan Pakis, Kabupaten Malang. Namun, akhirnya petani tidak keberatan dengan catatan pemerintah memperbaiki jaringan irigasi dan sejumlah embung serta jaminan pasokan air di lahan pertanian yang ada di dua kecamatan itu.

Untuk memenuhi tuntutan petani di 11 desa tersebut, Pemkab Malang melakukan pembenahan jaringan irigasi petani. Dalam perbaikan jaringan irigasi itu, pemerintah menydiakan anggaran sebesar Rp800 juta dan jika anggaran tersebut kurang, Dinas Pengairan setempat bakal mengajukan anggaran tambahan dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) APBD 2015.

Lebih lanjut Syamsul mengatakan dirinya juga meminta petani untuk bersabar menunggu penyelesaian pembenahan jaringan irigasi dan normalisasi embung-embungnya karena proyek juga tidak bisa selesai secepatnya. "Harapannya ya segera selesai, namun kalau ternyata tidak bisa selesai tahun ini, ya bagaimana lagi, realisasi aliran air PDAM dari Sumberpitu ya tertunda hingga tahun depan," ujarnya.

Pelanggan PDAM Kabupaten Malang saat ini tercatat sebanyak 92.500 sambungan rumah (SR) dan pada tahun 2019, jumlah pelanggan ditargetkan menjadi 125 ribu sambungan. Untuk mengaliri pelanggan sebanyak itu, PDAM setempat memanfaatkan 46 sumbert air dari potensi sebanyak 800 sumber mata air.

"Potensi sumber airnya masih sangat banyak dengan debit bervariasi. Oleh karena itu, kami akan ekspansi membuka jaringan untuk pelanggan baru yang potensi juga masih cukup besar," katanya.

Selain dimanfaatkan untuk mengaliri aliran air PDAM di Kabupaten Malang, sumber air di kabupaten itu juga untuk mengaliri pelanggan PDAM di wilayah Kota Malang, seperti Sumber Air Binangun di Karangploso, Sumber Air Wendit I dan II di Kecamatan Pais dan tahun depan Sumberpitu.