80 Kotak Naskah UN Tiba Di Dumai

id 80 kotak, naskah un, tiba di dumai

80 Kotak Naskah UN Tiba Di Dumai

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Pendidikan Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan naskah Ujian Nasional telah diterima pada Minggu (29/3), yakni sebanyak 80 kotak dan dalam keadaan utuh.

Kepala Bidang Managemen Pendidikan Menengah Disdik Dumai Misdiono, di Dumai, Senin, mengatakan naskah Ujian Nasional (UN) itu terdiri dari lembar soal dan jawaban. Seluruh berkas soal itu kini disimpan di gudang Dinas Pendidikan Dumai, di Jalan Tanjung Jati dengan pengawalan petugas pengamanan instansi tersebut.

"Distribusi naskah UN sudah kita terima dan saat ini masih utuh karena langsung disimpan di gudang Disdik," katanya.

Menurutnya, naskah yang diterima belum diketahui apakah dalam keadaan baik atau tidak karena mesti dilakukan pemilahan terlebih dahulu.

Disdik merencanakan proses pemilahan naskah UN dilakukan pada Kamis 9 April depan dengan melibatkan partisipasi semua kepala sekolah penyelenggara ujian di daerah itu.

Untuk UN tingkat menengah atas sederajat ini, lanjut dia, hanya ada 3 sekolah yang ditunjuk menyelenggarakan ujian secara online, yaitu SMKN 1, SMK Taruna Persada dan SMK Erna.

"Kita prediksi jumlah naskah UN ini lebih dari mencukupi karena ada tiga sekolah yang akan menggelar ujian secara online," sebutnya.

Kesiapan pelaksanaan UN yang akan diselenggarakan di 31 sekolah saat ini terus digiatkan pemerintah, diantaranya persiapan peserta didik melalui berbagai bimbingan dan pelajaran tambahan.

Dinas Pendidikan Dumai juga sudah menetapkan data nominal tetap (DNT) jumlah peserta yang akan mengikuti UN ini, yaitu sebanyak 3.728 pelajar dari SMA, MA dan SMK negeri swasta, terdiri dari 1.780 siswa putra dan 1.948 pelajar putri.

Jelang pelaksanaan UN ini, dia meminta semua sekolah, baik SD, SMP dan SMA agar bersiap supaya ujian bisa berjalan dengan baik dan lancar serta menghasilkan nilai memuaskan.

Diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI membuat kebijakan bahwa nilai UN kini bukan lagi penentu kelulusan pelajar, namun berguna untuk penilaian masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan pihak sekolah berwenang penuh menentukan lulus sesuai nilai.