Chevron Gelar Donor Darah Di Riau

id chevron gelar, donor darah, di riau

Chevron Gelar Donor Darah Di Riau

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perusahaan minyak PT Chevron Pacific Indonesia kembali menggelar donor darah yang terbuka untuk seluruh karyawan Chevron dan mitra kerjanya di wilayah operasi Minas, Provinsi Riau.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Chevron beserta seluruh pegawai, keluarga dan mitra kerja yang di lingkungan operasi Minas khususnya dalam rangka berbagi dan menolong sesama," kata Manager Operation and Maintenance South PT CPI, Sukamto Tamrin, di Pekanbaru, Senin.

Menurut dia, kegiatan ini dilakukan atas kerjasama antara karyawan Chevron, Persatuan Ibu-ibu Chevron Minas dan PMI, rutin dilaksanakan setiap tahun.

Pada tahun 2015, katanya, kegiatan donor darah ini akan digelar sebanyak dua hingga tiga kali.

"Donor darah menjadi program pilihan dilaksanakan oleh CPI setiap tahun, karena manfaat langsung yang dirasakan bagi para penerimanya," katanya.

Apalagi, katanya, berdasarkan data PMI Pekanbaru, setiap bulan mereka menerima dan membutuhkan sebanyak 4000 lebih kantong darah.

Jika setiap kantong darah ini bisa menyelamatkan satu orang, maka dalam setahun lebih dari 48 ribu jiwa bisa diselamatkan dengan kontribusi darah para pendonor.

Di sisi lain, donor darah juga memberikan manfaat kesehatan bagi para pendonornya. Menurut American Journal of Epidemology pendonor darah aktif cenderung beresiko rendah mengalami penyakit jantung. Pendonor darah memiliki resiko 88 persen ebih rendah terkena serangan atau penyakit jantung.

Selain itu, katanya, pendonor mengurangi resiko hingga 33 persen menderita penyakit kardiovaskular lainnya.

Manfaat lain yang didapat dari donor darah ini juga menurunkan resiko terkena kanker, memperbarui sel-sel darah secara rutin, hingga mencegah penuaan dini serta memperbaiki kestabilan kondisi psikologis pendonornya.

Terkait manfaat ini, Sukamto Tamrin menghimbau agar setiap karyawan mulai membiasakan diri untuk melakukan donor darah secara teratur.

"Bagi, yang belum pernah melakukan donor darah, silakan coba dan insya Allah anda akan merasakan manfaat nya secara langsung," kata Sukamto.

Berdasarkan data Chevron, selama November 2014 di Rumbai, Chevron berhasil menghimpun 300 kantong darah untuk disumbangkan kepada PMI Pekanbaru. Sementara dari catatan PMI Dumai, Chevron juga tercatat sebagai penyumbang darah terbesar untuk wilayah Duri dan Dumai setiap tahun. Pada Februari 2015 CPI berhasil mengumpulkan 240 kantong dari pegawai Chevron di Duri.

PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengoeprasikan aset-aset negara di bawah pemgawasan SKKMIGAS. PT CPI bekerja di dua wilayah produksi di Provinsi Riau berdasarkan Kontrak Bagi Hasil di mana kontrol dan pembagian hasil terbesar berada di pihak negara. CPI merupakan afiliasi dari perusahaan energi kelas dunia, Chevron Corporation, dan merupakan kontributor produksi minyak terbesar secara nasional.